Minggu, 22 Mei 2011

RPP BAHASA INDONESIA KELAS 9 GANJIL (MENULIS SURAT PEMBACA _ BERWAWASAN LINGKUNGAN)


RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS IX
SEMESTER  GANJIL

STANDAR KOMPETENSI

12.3    Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah.
KOMPETENSI DASAR
12.         Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca.
INDIKATOR
1.             Mampu menentukan permasalahan di lingkungan sekolah yang perlu mendapat perhatian atau penanganan.
2.             Mampu menuliskan permasalahan tersebut menjadi sebuah surat pembaca yang santun.
3.             Mampu menanggapi surat pembaca dengan bahasa yang santun.

ALOKASI WAKTU
                        2 X 45’
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah mengamati keadaan lingkungan sekolah, siswa dapat menentukan sebuah permasahan yang perlu mendapat perhatian atau penanganan.
2.      Melalui permasalahan yang ditemukan, siswa dapat menentukan siapa yang perlu menangani permasahan tersebut.
3.      Melalui permasalahan yang ditemukan, siswa dapat menulis surat pembaca dengan bahaaa yang santun.
4.      Berdasarkan surat pembaca yang dibuat oleh temannya saku kelas, siswa dapat menanggapi dengan bahasa yang santun.




B.   MATERI PEMBELAJARAN
    1. Menulis surat pembaca dengan bahasa yang santun  berdasarkan permasalahan lingkungan sekolah.
    2. Menanggapi surat pembaca tentang lingkungan sekolah dengan bahasa yang santun.

C.    METODE PEMBELAJARAN
    1. Pemberian tugas
    2. Diskusi Kelompok
    3. Pemodelan
    4. Inquiri

E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Dalam langkah-langkah pembelajaran ini terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

KEGIATAN AWAL

1.                 Siswa diajak bertanya jawab tentang surat pembaca di majalah atau di koran.
2.           Siswa deiberitahu tentang tujuan pembelajaran hari ini, yaitu menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah serta menanggapi surat pembaca.
 KEGIATAN INTI
1.           Siswa dibentuk kelompok. Kelompok ditentukan berdasarkan piket kelas. Tiap kelompok mendapat tugas yang berbeda.
Kelompok                        Tugas pengamatan
Senin                                 toilet
Selasa                               kantin                                               
Rabu                                 tempat sepeda
Kamis                                 tempat sampah
Jumat                               pembuangan akhir sampah
Sabtu                                musola
2.           Setiap kelompok mendapat tugas untuk mencari permasalahan. Permasalahan tersebut berupa pendapat atau saran setelah melakukan pengamatan.
3.           Setelah menemukan permasalahan, siswa kembali ke kelas dan berdiskusi tentang tujuan surat pembaca ayang akan dibuat.
4.           Setiap siswa membuat surat pembaca berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan.
5.           Salah satu hasil pekerjaan siswa dalam setiapa kelompok doitukarkan dengan kelompok lain untuk ditanggapi.




KEGIATAN AKHIR
1.      Pekerjaan siswa yang paling baik dalam setiap kelompok ditempelkan di mading kelas.
2.      Guru bersama siswa mengadakan refleksi dengan cara tanya jawab tentang manfaat surat pembaca.

  1. SUMBER BELAJAR
    1. Buku Belajar Berbahasa Belajar Berkomunikasi (Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs. ) Oleh Barokah Santoso dkk.

  1. MEDIA PEMBELAJARAN
Lingkungan sekolah, misalnya kantin, musola, tempat sepeda, toilet, pembuangan akhir sampah, tempat sampah

  1. PENILAIAN

TEKNIK

Tes lisan dan tulis
BENTUK INSTRUMEN
Subejektif uraian terbatas
CONTOH INSTRUMEN
  1. Lakukan pengamatan di lingkungan sekolah!
  2. Tentukan permasalahan yang layak untuk diangkat dalam surat pembaca. Permasalahan tersebut bisa berupa saran maupun pendapat.
  3. Tulislah saran atau pendapatmu dalam bentuk surat pembaca!
  4. Tukarkah kepada teman sebangkumu!
  5. Komantari atau tanggapilah pekrejaan temanmu dengan bahasa yang santun!
  6. Kembalikan, dan tempelkan di mading kelas!









(alternatif jawaban )
1. (tindakan)
2. Pemilhan sampah di tempat sampah tidak sesuai dengan jenis sampah. 3.

POLISI SAMPAH
Tempat sampah di SMPN 1 Boyolangu seharusnya berisi sampah yang sudah dipisahkan. Sampah plastik, sampah kertas, sampah daun harus ditempatkan berbeda, yaitu sampah organik dan anorganik. Namun di tempat sampah kantin sekolah masih campur. Padahal sudah disediakan tempat sampah dua macam dan ada tulisannya. Bagaimana kalau disiapkan “POLISI SAMPAH?”

Bety 8a.

RPP BAHASA INDONESIA KELAS 9 GANJIL (MEMBACA TABEL _ BERWAWASAN LINGKUNGAN)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA PELAJARAN                         BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER                            9 /2
STANDAR KOMPETENSI                  Mampu membaca dan memahami ragam teks nonsatra dengan berbagai cara membaca: membaca intensif dan ekstensif, membaca cepat, membaca memindai, membaca sekilas, membaca grafik, bagan, tabel, diagram.
KOMPETENSI DASARA                    Membaca intensif grafik, tabel, bagan.
INDIKATOR                                         1. Mampu membaca isi tabel
                                                              2. Mampu menuliskan isi tabel yang dibacanya dalam bentuk paragraf.
ALOKASI WAKTU                               2 X 45 menit
1. Tujuan Pembelajaran
a.     Setelah siswa diberikan contoh cara membaca tabel, siswa dapat membaca tabel dengan benar.
b.     Melalui data yang diperoleh tentang keadaan kebersihan kelas, siswa dapat menuliskan isi tabel dalam bentuk paragraf.
2. Materi Pembelajaran
Membaca tabel, menuliskan isi tabel yang dibaca dalam bentuk paragraf
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membaca tabel adalah sebagai berikut:
·                Baca judulnya. Judul merupakan ringkasan yang padat tentang informasi yang disampaikan,
·                Baca keterangan di atas, bawah, samping. Keterangan merupakan kunci penjelasan data yang disampaikan.
·                Ajukan pertanyaan tentang tujuan. Ketika membaca selalu ingat tujuan dan informasi yang kita cari.
   DATA PELANGGARAN TATA TERTIB  SISWA KELAS 8 SMPN 1 BOYOLANGU TANGGAL 22 MEI 2008
KELAS

PELANGGARAN
8A
8B
8C
8D
8E
8F
8G
8H
BERKAOSKAKI PENDEK

8

13

11

7

21

4

27

12
TIDAK BERTAS “SIBOY”

2

3

2

0

4

0

1

0
TIDAK HADIR TANPA KETERANGAN

3

2

0

1

4


2

4

1
JUMLAH
13
18
13
8
29
6
32
13
Sumber : data BK smpn 1 boyolangu Mei 2008
                                                 (1)
Keterangan :
(1) judul
(2) lajur
(3) kolom
(4) sumber infromasi
Langkah-langkah membaca tabel
·         Langkah-langkah membaca tabel menurut buku Panduan Guru Bahan Penyerta Siaran Televisi Edukasi ( 2007:500) ada 4 yaitu : (1) Bacalah judul tabel (2) amatilah kolom dan lajur yang ada di tabel (3) temukanlah informasi yang ada pada pertemuan kolom dan lajur (4) bacalah sumber informasi di bawah table (jika ada).

3. Metode Pembelajaran
·         Pemodelan
·         Kuis
·         Pemberian Tugas
4. Langkah-Langkah pembelajaran
Langkah pembelajaran dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup
a. Kegiatan awal
·      Guru mengajak siswa untuk memperhatikan data presensi siswa yang ada di depan kelas. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang siapa  yang tidak hadir  hari ini.
·      Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa data kehadiran siswa yang ada di depan kelas merupakan salah satu contoh tabel.
b. Kegiatan inti
§  Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru cara membaca data di presensi kelas.
§  Tulis data yang ada dalam tabel  dalam bentuk paragrap.
§  Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membaca tabel adalah sebagai berikut :
§  Baca judulnya
§  Judul merupakan ringkasan yang padat tentang informasi yang disampaikan
§  Baca keterangan di atas, bawah, samping.Keterangan merupakan kunci penjelasan data yang disampaikan
§  Ajukan pertanyaan tentang tujuan
§  Ketika membaca selalu ingat tujuan dan informasi yang kita cari
§  Berdasarkan petunjuk tersebut, siswa mencoba membaca tabel dalam bentuk kalender tahun 2008.
§  Setelah siswa dianggap mampu membaca tabel, siswa diberikan tabel berupa rubrik penilaian.
§  Siswa memperhatikan guru yang mendemontsrasikan cara menilai pembacaan tabel dalam bentuk rubrik penilaian.
§  Siswa diberikan tabel yang di bawahnya berisi pertanyaan tabel.
§  Dalam waktu 5 menit, soal nomor 3 harus sudah selesai dan ditukarkan kepada teman sebangku. Kegiatan selanjutnya adalah menilai pekerjaan teman sebangku.
§  Siswa menilai kelengkapan data dengan panduan guru dan rubrik penilaian.
§  Siswa menjawab pertanyaan guru.
·                         Apakah judul ditulis?
·                         Jika ditulis, berikan nilai seperti yang ada pada rubrik.
·                         Apakah data dalam lajur ditulis?
·                         Jika ditulis berikan nilai maksimal,
·                         Jika tidak, berikan nilai minimal.
§  Begitu seterusnya, guru memandu dengan pertanyaan-pertanyaan