1.
KTSP direncanakan dan dikembangkan
dengan beberapa landasan. Salah satu landasan yang digunakan adalah undang
undang tentang Sistem Pendidikan Nasional yaitu ...
a.
Undang-Undang Republik Indonesian
Nomor 20 tahun 2003
b.
Undang-Undang Republik Indonesian
Nomor 20 tahun 2002
c.
Undang-Undang Republik Indonesian
Nomor 22 tahun 2003
d.
Undang-Undang Republik Indonesian
Nomor 23 tahun 2002
2.
Manakah peraturan pemerintah yang
tidak digunakan sebagai landasan pengembangan KTSP?
a.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005
b.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 22 Tahun 2006
c.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 23 Tahun 2006
d.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2006
3.
Manakah pernyataan yang salah?
a.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasioanl
Pendidikan
b.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
c.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kelulusan
d.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2006 tentang Stadar Evaluasi
4.
Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) memiliki pemahaman bahwa :
a.
Kurikulum di setiap SMP dan SMA se
kabupaten harus sama.
b.
Kurikulum di setiap TK dan SD
tidak boleh berbeda.
c.
Kurikulum di sekolah kejuruan dan
sekolah umum harus berkolaborasi.
d.
Kurikulum di MA di kota dan di
luar kota boleh berbeda.
5.
Manakah yang bukan prinsip
pengembangan KTSP?
a.
Berpusat pada potensi,
perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
b.
Beragam dan terpadu.
c.
Tanggap terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan
d.
Peningkatan iman dan taqwa serta
ahlaq mulia.
6.
Tim penyusun KTSP terdiri atas ...
a.
guru di lembaga tersebut
b.
konselor
c.
kepala sekolah
d.
semua a,b,c
7.
Supervisi KTSP dilaksanakan oleh
a.
dinas pendidikan
b.
pemda sebagai penanggungjawab
keuangan
c.
komite sekolah
d.
semua a,b,c
8.
Dokumen KTSP SD, SMP, SMA, SMK dinyatakan
berlaku atau dapat digunakan jika sudah mendapat pengesahan
a.
kepala sekolah
b.
komite sekolah
c.
dinas pendidikan
d.
semua guru
9.
Komponen KTSP terdiri dari ....
a.
Tujuan Pendidikan Sekolah,
Struktur dan Muatan Kurikulum, Kalender Pendidikan.
b.
Tujuan Pendidikan Sekolah,
Struktur dan Muatan Kurikulum, Kalender Pendidikan.
c.
Tujuan Pendidikan Sekolah,
Struktur dan Muatan Kurikulum, Kalender Pendidikan, Silabus dan RPP.
d.
Tujuan Pendidikan Sekolah,
Struktur dan Muatan Kurikulum, Kalender Pendidikan, Silabus dan RPP, Evaluasi
10. Dokumen KTSP ada dua, yaitu dokumen I dan dokumen 2. Peran guru di
kelas terutama berkaitan dengan dokumen 2, karena berisi ...
a.
Tujuan pendidikan, kalender
pendidikan, silabus, RPP.
b.
Tujuan pendidikan, silabus, RPP.
c.
Kalender pendidikan, silabus, RPP
d.
Silabus, RPP.
11. Silabus berisi standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah
ditentukan oleh pusat. Ada SK KD yang bisa dikembangkan di daerah, yaitu mata
pelajaran ...
a.
Bahasa Jawa.
b.
Pendidikan Agama.
c.
Bahasa Inggris.
d.
Bahasa Indonesia.
12. Pengembangan struktur kurikulum tidak boleh dikaukan dengan cara ...
a.
Mengurangi jumlah jam mata
pelajaran yang tercantum dalam standar isi.
b.
Mencantumkan jenis mata pelajaran
muatan lokal dqn struktur kurikulum.
c.
Mengatur alokasi waktu
pembelajaran tatap mukaseluruh mata pelajaran wajib.
d.
Memanfaatkan 4 jam tambahan untuk
memnambah jam pembeljaran.
13. Manakah pernyataan yang salah?
a.
Kompetensi adalah tujuan akhir
suatu pelajaran
b.
Standar kompetensi adalah tujuan
akhir unit suatu sekolah.
c.
Kompetensi dasar dalah penjabaran
secara rinci standar kompetensi.
d.
Kompetensi, standar kompetensi
kompetensi dasar, merupakan satu kesatuan.
14. Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran.
Manakah yang tidak diperlukan
dalam identitas silabus?
a.
Nama sekolah.
b.
Mata pelajaran.
c.
Kelas/semester
d.
Tema
15. Manakah yang tidak termasuk isi silabus?
a.
standar kompetensi, kompetensi
dasar.
b.
materi pokok pembelajaran,
kegiatan pembelajaran,
c.
indikator, penilaian, alokasi
waktu, sumber belajar
d.
waktu pelaksanaan, jadwal
evaluasi, jadwal revisi.
16. Pernyataan yang tidak sesuai dengan prinsip pengembangan silabus adalah
...
a.
Ilmiah, dapat
dipertanggungjawabkan.
b.
Relevan, sesuai dengan
perkembangan fisik, intelektual, emosional
c.
Kontinyu, berubah terus menerus
sesuai dengan perkembangan.
d.
Menyeluruh, melibatkan ranah
afektif, kognitif, psikomotorik.
17. Hal yang harus diperhatikan dalam mengkaji standar kompetensi dan
kompetensi dasar adalah....
a.
Waktu penyusunan dan tempat
pengembangan silabus.
b.
Urutan serta pertimbangan meteri
sulit dan materi mudah.
c.
Penyusunan silabus dan tim
pengembangan silabus.
d.
Pemilihan media dan sarana
prasarana yang tersedia di sekolah.
18. Dalam pengembangan silabus, setelah mengkaji standar kompetensi dan
kompetensi dasar adalah ...
a.
Merumuskan indikator.
b.
Menentukan jenis penilaian.
c.
Menentukan sumber belajar.
d.
Menentukan waktu penilaian.
19. Hal-hal apakah yang tidak perlu menjadi pertimbangan dalam
mengidentifikasi materi pembelajaran dalam penyusunan silabus?
a.
Peserta didik.
b.
Pendidik
c.
Kebermaknaan
d.
Relevansi
20. Manakah pernyataan yang salah berkaitan dengan pengembangan kegiatan
pembelajaran?
a.
Kegiatan pembelajaran disusun
untuk membantu peserta didik dan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.
b.
Penyusunan kegiatan pembelajaran
harus mengacu pada nasehat dan masukan pengawas dinas pendidikan.
c.
Kegiatan pembelajaran memuat
rangkaian kegiatan yang akan dilakukan oleh peserta didik untuk mencapai
kompetensi dasar.
d.
Urutan pelaksanaan pembelajaran
harus mempertimbangkan konsep materi.
21. Penentuan alokasi waktu setiap komptensi dasar tidak boleh
mempertimbangkan....
a.
Alokasi waktu yang tersedia dalam
minggu efektif.
b.
Pengajar dan penyusun silabus.
c.
Tingkat kesulitan materi.
d.
Jumlah kompetensi dasar.
22. Penentuan sumber belajar dalam penyusunan silabus didasarkan pada.....
a.
Bentuk dan jenis penilaian
yangdirencanakan.
b.
Alokasi waktu yang tersedia.
c.
Standar kompetensi dan kompetansi
dasar.
d.
Kemampuan guru dalam mengajar.
23. Urutan penyusunan RPP setelah menentukan indikator adalah ....
a.
Tujuan pembelajaran, materi pokok,
metode, langkah pembelajaran.
b.
Tujuan pembelajaran, metode,
langkah pembelajaran, materi pokok.
c.
Tujuan pembelajaran, langkah
pembelajaran, metode, materi pokok.
d.
Tujuan pembelajaran, materi pokok,
langkah pembelajaran, metode.
24. Visi sekolah adalah .........
a.
Kegiatan yang ingin dilaksanakan
sekolah.
b.
Wujud dan bentuk semua
pembelajaran di sekolah.
c.
Harapan, cita-cita yang ingin
dicapai sekolah.
d.
Semangat, motivasi yang
dilaksanakan sekolah.
25. Manakah visi sekolah yang mudah dikomunikasikan?
a.
Mencetak insan terampil, mandiri dan bertaqwa.
b.
Mengembangkan peserta didik yang
terampil dalam segala bidang.
c.
Mencetak para lulusan agar menjadi
manusia yang terampil bekerja.
d.
Mewujudkan cita-cita masyarakat
agar siswa menjadi insan yang terampil dan bertaqwa.
26. Pilihlah pernyataan yang benar!
a.
Visi boleh diubah oleh penyusun
KTSP, karena penyusun lebih tahu perkembangan kebutuhan sekolah.
b.
Kepala sekolah berhak mengubah
visi sekolah, karena kepala sekolah sebagai penanggungjawab pelaksanaan KTSP.
c.
Visi hanya boleh diubah oleh team
perumus jika keadaan mendesak sesuai kondisi sekolah.
d.
Perubahan visi sekolah tidak
diijinkan karena menyangkut permasalahan sekolah yang kompleks.
27. Visi suatu sekolah berbunyi “Menjadi kebanggaan masyarakat karena
berprestasi dan berbudaya”
Rumusan misi yang salah
adalah ...
a.
Meningkatkan prestasi seni budaya
agar menjadi juara tingkat kabupaten.
b.
Membekali siswa dengan
keterampilan internet agar bisa masuk 10 besar dalam LKTIR tingkat kabupaten.
c.
Membiasakan siswa agar mau menyapa
dengan “assalaamualaikum” dan berjabat tangan dengan warga sekolah.
d.
Mengajak siswa untuk aktif
mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di semua aspek.
28. Tujuan strategis sekolah harus dirumuskan secara operasional seperti
kalimat berikut ini ..
a.
Siswa beriman dan bertaqwa kepada
Tuhan Yang Mahaesa dan berahlak mulia.
b.
Meningkatkan pemahaman siswa
terhadap tata tertib sekolah yang telah disepakati oleh semua warga sekolah.
c.
Meningkatkan jumlah siswa dalam
memahami tata tertib sekolah agar jumlah pelangaran bisa diminimalisr..
d.
Minimal 10% siswa kelas 8 dapat
mengoperasikan program MS Word melalui pembelajaran TIK.
29. Manakah yang bukan termasuk rumusan tujuan pembelajaran?
a.
Kata kerja dipilih yang
menggambarkan tjuan yang diharapkan.
b.
Menentukan butir isi pembelajaran.
c.
Menentukan materi pembelajaran.
d.
Menentukan tingkat ketercapaian
yang dapat diukur.
30. Tujuan pembelajaran harus dirumuskan secara operasional. Maksud dari
pernyatan ini adalah ....
a.
Tujuan tersebut dapat dilaksanakan dan dpat dapat diukur.
b.
Perumusan tujuan harus melibatkan
beberapa komponen sekolah.
c.
Tujuan dirumuskan secara
profesional oelh guru yang berpengalaman.
d.
Perumusan tujuan harus
memperhatikan berbagai aspek.
31. Kata kerja yang tidak operasional dalam rumusan tujuan pembelajaran
adalah ....
a.
Menulis, membaca, menghitung,
memahami.
b.
Menceritakan, mengelompokkan,
mencoba, meyakini.
c.
Menunjukkan, menyusun, memilih,
membuat.
d.
Menjelaskan, menafsirkan,
mengetahui, melihat.
32. Tujuan pembelajaran harus dirumuskan secara oprasional. Alasan yang
salah berkaitan dengan pernyataan tersebuta dalah ...
a.
Tujuan pembelajaran berpengaruh
pada kegiatan pembejaran.
b.
Tujuan pembelajaran berpengaruh
pada standar kompetensi dan kompetensi dasar.
c.
Evaluasi dapat dilaksanakan SK dan
KD sesuai dengan tujuan pembelajaran
d.
Evaluasi mudah dilaksanakan jika
tujuan dirumuskan secara operasional.
Ilustrasi untuk soal nomor 33
s.d. 36
Disajikan sebuah gambar Candi Sanggrahan yang di
dalamnya terdapat gambar patung, siswa dapat menyebutkan nama patung tersebut.
33. Kegiatan awal pembelajaran yang tepat adalah .....
a.
Siswa dibuka skematanya tentang
peninggalan sejarah berupa candi hindu budha.
b.
Siswa diingatkan tentang pelajaran
sejarah yang telah dilaksanakan.
c.
Guru menjelaskan macam-macam
patung.
d.
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran hari ini untuk membahas macam-macam patung.
34. Salah satu kegiatan inti pembelajaran adalah ...
a.
Guru menunjukkan patung-patung dan
kaitanya dengan candi yang ada di
gambar.
b.
Siswa berdiskusi dalam kelompoknya
untuk menentukan nama patung yang ada di dalam gambar.
c.
Siswa mempresentasikan temuan
dalam gambar tentang macam=macam patung.
d.
Siswa megelompokkan nama-nama
patung sesuai dengan bentuknya.
35. Kegiatan refleksi yang dilaksanakan adalah ...
a.
Guru menutup pembelajaran dengan
mengadakn refleksi.
b.
Siswa menempelkan hasil
pekerjaannya di mading kelas.
c.
Siswa mengerjakan tugas tambahan.
d.
Guru memberikan ucapan selamat
kepada siswa yang berhasil.
36. Penilain untuk tujuan tersebut adalah .....
a.
Apakah nama patung yang ada dalam
gambar tersebut?
b.
Berapakah jumlah patung yang ada
dalam gambar tersebut?
c.
Termasuk patung apakah yang anda
temukan?
d.
Dimanakah posisi patung tersebut?
Ilustrasi untuk soal nomor 37 dan 38
Setelah diberikan contoh cara menulis ucapan selamat dengan
bahasa Jawa Kromo, siswa dapat menyampaikan ucapan selamat kepada guru yang
berulang tahun dengan benar.
37. Staregi pembelajaran yang tepat adalah ....
a.
Ceramah
b.
Tanya jawab
c.
Pemodelan
d.
Inquiri
38. Penilaian lebih tepat dilaksankan dengan ..
a.
Penilaian proses
b.
Tes tulis di akhir pelajaran
c.
Tes lisan di akhir pelajaran
d.
Penilain dengan rubrik
39. Kompetensi dasar: Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan.
Indikator yang baik adalah :
a.
Mengapresiasi dongeng
b.
Menenukan hal yang menarik.
Menentukan manfaat dongeng. Menyimpulkan isi dongeng.
c.
Mendengarkan dongeng.
Mengapresiasi dongeng.
d.
Menjelaskan isi dongeng.A
40. Tes psikomotor tidak dapat dilakukan dengan ...
a.
Tes pilihan ganda
b.
Wawancara
c.
Observasi
d.
portofolio
41. Pilihlah pernyataan yang salah!
a.
Tes tulis benar slah bisa untuk
mengukur pengetahuan.
b.
Tes wawancara bisa untuk mengukur
ranah afektif.
c.
Tes psikomotor bisa dilakukan
dengan fromat pilihan ganda.
d.
Tes produk dilaksanakan pada waktu
proses pembelajaran
42. Manakah pernyataan yang benar?
a.
Penilaian proses dilaksanakan pada
saat pembelajaran.
b.
Penilaia proses dititik beratkan
pada proses pembuatan sesuatu.
c.
Penilain proses hanya boleh
dilakukan oleh guru pengajar.
d.
Penilaian proses bisa dilaksanakan
dalam team teaching.
43. Pilihlah pernyataan yang salah!
a.
Guru yang baik adalah guru yang
dapat memanfaatkan situasi siswa sebagai sumber atau media pembeljaran.
b.
Guru yang baik adalah guru yang
membiarkan siswa ramai dalam berdiskusi.
c.
Guru yang baik adalah guru yang
selalu mengikuti petunjuk atasannya dalam mengajar.
d.
Guru yang baik adalah guru yang
bisa membelajarkan iswa dengan situasi yang menyenangkan.
44. Manakah pernyataan yang salah?
a.
Pembelajaran tidak boleh
menyimpang dari buku teks yang telah disiapkan sekolah.
b.
Buku teks hanya salah satu sumber
belajar.
c.
Peristiwa aktual merupakan sumber
belajar yang sangat kontekstual.
d.
Pembelajaran diarahkan pada
kebermaknaan bagi siswa..
45. Apakah yang harus dilakukan guru setelah mengadakan penilaian?
a.
Memasukkan hasil tes ke daftar
nilai.
b.
Memilih materi pembelajaran berikutnya.
c.
Menganalisa siswa yang perlu
diremidi dan pengayaan.
d.
Mengadakan refleksi perbaikan
pembelajaran.
46. Manakah pernyataan yang salah?
a.
Remidi adalah perbaikan nilai
dengan cara tes ulang.
b.
Remidi perlu dibuat RPP.
c.
Remidi merupakan pembelajaran
ulang terhadap materi khusus.
d.
Remidi dapat dilakukan dengn
strategi tutor sebaya.
47. Pprinsip-prinsip penilaian yang salah adalah ...
a.
Berorientasi pada tujuan
b.
Berkesinambungan
c.
Kebermaknaan
d.
Berorientasi pada sumber belajar.
48. Penentuan SKM (standar ketuntasan minimal) suatu KD dilakukan dengan ...
a.
Mempertimbangkan buku ajar yang
digunakan
b.
Pertimbanga tingkat kesulitan
materi.
c.
Pertimbangan ketersediaan media
dan sumber belajar.
d.
Pertimbangan sarana prasarana.yang
tersedia.
49. Penilain berbasis kelas dilaksanakan secara terpadu dengan kegiatan
pembelajaran. Penilain ini beguna untuk
...
a.
Mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran.
b.
Umpan balaik bagi guru untuk
memperbaiki program pembelajaran di kelas.
c.
Mengetahui kelemahan siswa.
d.
Mengukur materi yang belum
dikuasai siswa.
50. Manakah yang bukan prinsip-prinsip penilaian berbasis kelas?
a.
Berorientasi pada tujuan.
b.
Berorientaswi pada kompetensi.
c.
Adil
d.
Bermakna.
KUNCI JAWABAN
1.
A
2.
D
3.
D
4.
D
5.
D
6.
D
7.
A
8.
C
9.
C
10. D
11. A
12. A
13. B
14. D
15. D
16. C
17. C
18. A
19. B
20. B
21. B
22. C
23. A
24. C
25. A
26. C
27. D
28. D
29. C
30. A
31. C
32. C
33. A
34. B
35. B
36. A
37. C
38. A
39. B
40. A
41. C
42. A
43. B
44. A
45. C
46. A
47. D
48. A
49. B
50. A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar