Minggu, 24 Oktober 2010

LATIHAN EBTANAS BAHASA INDONESIA


LATIHAN SOAL BAHASA INDONESIA
SMP KABUPATEN TULUNGAGUNG
KELAS 9 TAHUN 2009

 

  1.  Pengunjung bisa melihat dengan jelas tumbuhan dan hewan laut hidup di batu – batu karang di sepanjang pantai yang berbentuk teluk tersebut.
Pernyataan yang tidak sesuai dengan keadaan pantai dalam paragrap tersebut adalah ….
    1. Dulunya banyak hewan kecoak.
    2.  Banyak sekali dijumpai batu karang. 
    3. Pantai berbentuk teluk.
    4. Air laut mulai surut

  1. Sinonim kata melihat dalam kalimat pengunjung bisa melihat dengan jelas tumbuhan dan hewan laut hidup di batu – batu karang di sepanjang pantai  adalah  tidak terdapat dalam kata ……….
    1. memandang
    2. menjenguk
    3. menonton
    4. menyaksikan
  2. Dengan adanya UP2M segala keluhan/aduan dari masyarakat terhadap berbagai bentuk pelayanan yang diberikan oleh dinas/instansi di lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung dapat di tampung, di distribusikan dan kemudian dapat ditangani secara sistematis yang pada akhirnya dapat dapat memperbaiki berbagai kekurangan yang ada. Dengan demikian adanya mekanisme tersebut diharapkan pelayanan kepada masyarakat akan menjadi lebih baik/meningkat.
Tujuan UP2M tidak terdapat dalam kalimat ….
  1. Mengadukan  kepada Pemkab Tulungagung.
  2. Mendistribusikan keluhan instansi.
  3. Memperbaiki pelayanan masyarakat.
  4. Meningkatkan pelayan masyarakat.

  1. Penulisan di yang tepat terdapat pada ….
  1. di berikan oleh dinas/instansi
  2. di lingkup Pemerintah Kabupaten Tulungagung
  3. dapat di tampung, di distribusikan
  4. dan kemudian dapat d itangani secara sistematis

  1. Pada akhirnya dapat memperbaiki berbagai kekurangan yang ada.
Antonim kata memperbaiki dalam kalimat tersebut adalah ….
    1. meningkatkan
    2. merusak
    3. memperjelas
    4. menghaluskan

  1. Tulungagung merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Timur yang berperan aktif dalam rangka menciptakan iklim investasi yang kondusif dan berupaya meningkatkan perekonomian daerah. Di kabupaten Tulungagung masih banyak yang perlu dikembangkan baik sektor industri pertanian, pariwisata, pertambangan dan sarana prasarana.
Simpulan yang tepat berdasarkan paragrap di atas adalah ….
  1. Kabupaten Tulungagung memerlukan industri pertanian.
  2. Kabupaten Tulungagung aktif menciptakan industri pariwisata.
  3. Kabupaten Tulungagung memerlukan investasi.
  4. Kabupaten Tulungagung mengembangkan industri pertambangan.

  1.  
TARGET PENDENGAR RKPD TULUNGAGUNG
Sasaran             : Usia 15 Tahun keatas
Status              : Pelajar, karyawan /wati, dewasa, dan sudah berpenghasilan
Prosentase        : Laki – laki    = 45 %
                              Perempuan  = 55 %
Sosial Ekonomi : Bawah, Menengah, dan Menengah ke atas
Berdasarkan pernyataan di atas, manakah yang tidak termasuk target pendengar RKPD?
  1. Anak- siswa sekolah dasar yang berprestasi.
  2. Kakak saya baru saja tamat SMA Sultan Agung belum bekerja.
  3. Guru bahasa Indonesia SMP 1 Bogor Pakel seorang perempuan.
  4. Adikku  di SD kelas 6 sudah pandai membuat “power point”.

  1.  
VI.   KOMPOSISI MUSIK DI RKPD TULUNGAGUNG :
Pop Indonesia               = 35 %
Dangdut                         = 30 %
Campursari                    = 20 %
Gending                         = 10 %
Lain – lain                      =   5 %
Komentar yang tepat terhadap data tersebut adalah ….
  1. Lagu-lagu mandarin juga diputar di RKPD Tulungagung.
  2. Campursari paling banyak digemari oleh warga Tulungagung
  3. Warga Tulungagung paling menukai lagu dangdut.
  4. Lagu Pop Indonesia hanya disukai kalangan pelajar.

  1. Mereka (siswa-siswi) sangat bersemangat ………. dengan nge-blog dapat menambah wawasan mengenai Teknologi Informasi ……… Komunikasi ……… perkembangannya sangat cepat. Selain itu mereka sekarang lebih bisa mengembangkan hobi yang mereka miliki misalnya membuat puisi, cerita pendek. Menurut salah satu siswa saya di kelas X tahun ajaran 2008-2009 ini mereka sering mendapatkan teman-teman baru,
Ilustrasi di atas menjelaskan tentang ….
a.    semangat para siswa
b.    wawasan teknologi informasi
c.    cara mengembangkan hobi
d.    manfaat nge-blog
  1. Paragraf di atas dapat diisi dengan kata penghubung ……
    1. karena, dan, yang
    2. karena, kemudian, yang
    3. dan, kemudian, yang
    4. dan, yang, kemudian

  1. Kalau untuk siswa miskin daerah terpencil bagaimana. Kalau hanya seorang guru yang bisa nge-blog kok rasanya aneh. Atau  jangan-jangan ikut nyari sampingan juga. Lewat iklan-iklan sama konten-konten lain?
Penggalan paragrap di atas merupakan bentuk surat pembaca dari detik.com/blog.detik/17 Maret 2009.
Apakah inti surat pembaca tersebut?
  1. Permaslahan  pembaca terhadap pembuatan‘blog’.
  2. Permasalahan di internet dalam membuat ‘blog’.
  3. Permasalahan seorang guru dalam membuat ‘blog’
  4. Permasalahan siswa miskin dalam membuat blog.



  1. Jakarta, 13.3.09  13.30
Kami  berbaris ria dengan foto-foto, acara dilanjutkan dengan makan-makan. Selain membawa piala dan pin Indoesia-Australia, kami juga membawa pulang boneka Kangguru sebagai ikon negara Australia. Terima kasih sahabat.... atas undangan dan jamuannya! Pengalaman ini benar-benar mengesankan.
Penggalan paragrap tersebut merupakan ……
  1. catatan buku harian
  2. penggalan berita dari Koran
  3. pengalaman berfoto di koran
  4. penggalan surat pembaca





  1. DATA SUNGAI DI KABUPATEN TULUNGAGUNG
(Sumber/Source : Dinas Pengairan Kab. Tulungagung)

Kecamatan    Nama Sungai           Panjang (Km)
 Kedungwaru           
N g r o w o     6,00
Parit Agung   2,00
W u d u                      2,50
Kali Jenes     2,50
 N g a n t r u
Kali Brantas 18,85
B o t o                         33,00
Karangrejo   
Kali Brantas (Batas Wilayah) –
C a t u t                      6,00
Klantur                       10,50
Babaan                      5,60
Bajal picisan             7,25
W u d u (Batas Wilyah)
Manakah pernyataan yang tidak sesui dengan data di atas?
  1. Kecamatan Kdungwaru memiliki sungai terpanjang.
  2. Kecamatan Ngantru memiliki sungai terpendek.
  3. Kecamatan Karangrejo memilki sungai terbanyak.
  4. Semua sungai di Kec. Kedungwaru sekitar 2,5 km.

  1. Dengan rahmat dan ridha Allah SWT. Kabupaten Tulungagung dengan alamat www.tulungagung.go.id  dapat diupdate dengan berbagai data dan informasi yang tersaji lebih lengkap.
Penggalan pidato di atas merupakan …………
  1. salama pembuka pidato
  2. pembuka pidato
  3. isi pidato
  4. penutup pidato

15. Anda akan mengundang pengurus PKK untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial di desa Pelem Campurdarat. Penutup surat yang benar adalah ….
  1. Demikian undangan kami, atas perhatiannya disampaikan terima kasih.
  2. Demikian undangan kami, atas kehadiran Saudara kami sampaikan terima kasih.
  3. Sekian udangan kami, semoga Saudara memaklumi program yang telah kami rencanakan.
  4. Sekian undangan kami, atas kebijakan Saudara kami sampaikan terima kasih.



TEMA
KEGIATAN
KALIMAT SLOGAN
Kebersihan Lingkungan
Lomba kebersihan lingkungan
(22)
Pelestarian hutan
(23)
Stetes air adalah nafas kehidupanku

16.Kalimat slogan yang tepat untuk mengisi kolom (22) di atas adalah …
  1. Bersih, indah, rindang kelasku.
  2. Galakkan lomba kebersihan kelas.
  3. Bersih lingkunganku, jagalah hatiku.
  4. Bersih kelasku, sehat pikiranku.

17.Kegiatan yang tepat untuk mengisi kolom (23) adalah ….
  1. Menanam pohon di lahan kosong.
  2. Mengadakan kebersihan di lokasi hutan kota.
  3. Berdiskusi tentang pencemaran udara.
  4. Mengadakan lomba pemanfaatan limbah.

18.     Anda diberi tugas untuk menyusun karya tulis. Tema yang dipilih adalah kenakan remaja. Judul yang terlalu umum  untuk diangkat adalah …..
  1. Permasalahan Anak yang Suka Membolos
  2. Jam Kosong di Kelas Pemicu Kenakalan Anak Sekolah.
  3. Siswa Suka “Narget” merupakan Awal Bentuk Kriminal.

  1. Kenakalan Remaja di  Lingkungan SMPN 1 Ketawang.
19. Kami berharap agar pihak yang berwenang ikut serta menertibkan para pelajar yang berada di luar sekolah pada jam-jam sekolah.
Kalimattersebut  merupakan …….. dalam karya tulis.
  1. pengantar
  2. pendahuluan
  3. isi
  4. penutup

20.Kami berharap agar para Bapak-Bapak dan semua Ibu-Ibu, serta Saudara-Saudara berpartisipasi dalam pemilu tahun ini!
Pembenahan kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif dilakukan dengan cara  ….
  1. kata para,dan kata semua dihilangkan.
  2. ditambah kata para di depan kata saudara.
  3. kata agar dihilangkan.
  4. Kata serta dan kata dalam dihilangkan.

21 (1) Dirumahku ada tamu yang diantarkan oleh sopir taxi.  (2) Aku dibawakan tas yang dibuat dari enceng gondok. (3) Didalamnya dihiasi bunga yang dilipat-lipat. (4) Kalau dilihat indah sekali.
Kesalahan penulisan di terdapat dalm kalimat ….
  1. (1) dan (2)
  2. (3) dan (4)
  3. (1) dan (3)
  4. (2) dan (4)
22.      Hei. Maaf banget. Pas kamu sms aku gak di rmh. Hp tertinggal. Besok aja ya kita ketemu. Di rumahku aja. Stl plng skl nih.
Penggalan sms tersebut dapat diubah menjadi pesan singkat (memo) seperti berikut ini ….
  1. Kutunggu balasanmu  besok di rumah sepulang sekolah.
  2. Maaf hp ku tertinggal di rumah.
  3. Kutunggu di rumahku, jangan lupa hpku yang tertinggal.
  4. Kutunggu di rumahku sepulang sekolah.



23. Anda bertugas menjadi pembawa acara dibalai desa dalam rangka  pelantikan pengurus kelompok tani. Bahasa yang tepat untuk memanggil kepala desa agar tampil ke depan adalah ….
    1. Sambutan kepala desa, kepadanya dihaturkan.
    2. Sambutan kepala desa, waktu dan tempat kami silakan
    3. Sambutan kepala desa, kepada beliau kami silakan
    4. Sambutan kepala desa, dimohon memberikan sambutan.
24. Jika pembawa acara mengundang para tamu agar memasuki ruangan, maka bahasa yang diucapkan adalah ….
  1. Kepada bapak-bapak dan para ibu-ibu, dimohon segera memasuki ruangan
  2. Segenap para bapak dan ibu dimohon segera amemasuki ruangan.
  3. Bapak-bapak dan ibu-ibu dimohon segera memasuki ruangan.
  4. Para bapak dan para ibu-ibu, dimohon segera memasuki ruangan.

25. Anda membuat surat ijin tidak masuk kantor, karena pergi ke Blitar. Penutup surat undangan yang tepat adalah ….
  1. Demikian surat saya, harap maklum
  2. Demikian surat ijin ini, atas ijin yang Bapak berikan kami sampaikan terima kasih.
  3. Sekian, semoga Bapak memaklumi kepergian saya.
  4. Sekian surat inin ini, mohon maklum dan menjadikan periksa adanya
·         Tuangkan isi botol THING  ini ke dalam botol yang ada penyemprotnya.
·         Semprotkan THING secara merata pada permukaan yang akan dibersihkan.
·         Keringkan dengan lap.
·         Tunggu 15 menit agar THING bekerja maksimal.
·         Lap dengan lap bersih.
Bahasa petunjuk di atas dapat diberi judul ….
a.      Cara Memakai Botol THING.
b.      Cara Menggunakan Penyemprot THING.
c.      Cara Membersihkan Kaca THING.
d.      Cara Menggunakan Cairan THING.
  1.  
    1. Danang tidak masuk.
    2. Pak Arip mencari Danang.
    3. Danang bermain internet di warnet.
Penggabungan kalimat tersebut menjadi kalimat majemuk bertingkat adalah sbb:
                     i.                        Danang tidak masuk kemudian Pak Arip mencarinya dan dia  bermain internet di warnet.
                   ii.                        Danang tidak masuk ketika  Pak Arip mencarinya padahal dia bermain internet di warnet.
                  iii.                        Danang tidak masuk padahal  Pak Arip mencarinya ternyata dia bermain internet di warnet.
                 iv.                        Danang tidak masuk ketika Pak Arip mencarinya ternyata dia bermain internet di warnet.

31.         Bacalah puisi berikut !:


Rounded Rectangle: Perempuan-Perempuan Perkasa

Perempuan-perempuan yang membawa bakul di pagi buta,
dari manakah mereka?
Ke stasiun kereta mereka datang dari bukit-bukit desa
Sebelum peluit kereta pagi terjaga
Sebelum hari bermula dalam pesta kerja.
Perempuan-perempuan yang membawa bakul dalam kereta.
ke manakah mereka?
Di atas roda-roda baja mereka berkendara
Mereka berlomba dengan surya menuju ke gerbang kota
Merebut hidup di pasar-pasar kota.
        Hartoyo Andangjaya, 1973
 


















Citraan yang terdapat pada bait kedua puisi di atas adalah………………
a.      pendengaran                                               c. perasaan
b.      penglihatan                                      d. perabaan

32.         Bacalah penggalan puisi berikut !


Folded Corner: Telah terusir kita oleh traktor yang gemuruh
Pondok-pondok kehidupan pun telah disulap

Jadi real-estate jadi waduk raksasa
Mestinya kita bahagia akan perubahan
Tapi ganti rugi dipaksa mereka
..........
 









Penggalan puisi di atas berisi tentang…….
a.      kehidupan modern yang menyengsarakan.
b.      Kehidupan modern hanya untuk kebahagiaan sebagian kecil
c.      Protes terhadap modernisasi
d.      Protes terhadap pembangunan real estate dan waduk raksasa

33.         Cermatilah puisi berikut!
Kucing resah
Kucing barah
Kucing marwah
Kucing amuk
Kucing rusak
Kucing palak
Kucing kucing
Kucing sembilu
Kucing batinku
Ngiau!                     
Sutarji Calzoum Bachri                                
Jika diperhatikan dengan saksama, semua simbol dalam puisi diatas menyatakan………
a.      kesan gejolak batin yang susah dengan semangat yang memudar
b.      kesan gejolak batin yang resah dengan semangat yang meluap-luap
c.      kesan suasana batin yang gundah dengan semangat yang padam
d.      kesan suasana batin yang mengeluh

34.         Bacalah puisi berikut !


Flowchart: Terminator: …………………………….
Kau tak akan mengerti bagaimana kesepianku
Menghadapi kemerdekaan tanpa cinta
Kau tak akan mengerti segala lukaku
Karena cinta telah sembunyikan pisaunya
Membayangkan wajahmu adalah siksa
Kesepian adalah ketakutan dan kelumpuhan
Engkau telah menjadi racun bagi darahku
Apabila aku dalam kangen dan sepi itulah berarti
Aku tungku tanpa api
      Rendra
 


















Tema puisi di atas adalah ...................
a.      kegelisahan
b.      kemerdekaan
c.      ketakutan
d.      kerinduan

35.         Sepisaupi
Sepisau luka sepisau duri
Sepikul dosa sepukau sepi
Sepisau duka serisau diri
Sepisau sepi sepisau nyanyi
Sepisaupa sepisaupi
Sepisaunya sepikau sepi
Sepisaupa sepisaupi
Sepisaupa sepuisaupi
Sepikul diri keranjang duri
Sepisaupa sepisaupi
Sepisaupa sepisaupi
Sepisaupa sepisaupi
Sampai pisau-Nya ke dalam nyanyi
(Sutardi Calzoem Bachri)
Suasana dalam puisi tersebut adalah ...................
a.      kebimbangan yang sangat dalam
b.      pemberontakan yang sangat kuat
c.      penderitaan yang mencekam
d.      kegelisahan tak menentu
36.         Bacalah puisi berikut ini!



Malam Laut
Karena laut tak pernah takluk, lautlah aku
Karena laut tak pernah dusta, lautlah aku
Terlalu hampir tetapi terlalu sepi
Tertangkap sekali terlepas kembali
…………………..
Toto Sudarto Bachtiar
 
 









Jika diperhatikan, kutipan puisi di atas banyak menampilkan ..................
a.      Asonansi                               c. Sajak tengah
b.      Aliterasi                                 d. Sajak akhir

37.         Vertical Scroll:  Tepat pukul 08.00 aku tiba di ruang ini. Aku langsung mendapatkan meja kerjaku yang sudah seminggu aku tinggalkan. Keadaannya pun telah aku bayangkan : kotor, berdebu, dan setumpuk kertas kerja yang harus aku kerjakan dengan segera.







Sudut pandang yang ada pada contoh cerita di atas adalah..............
a.      orang pertama pelaku utama                                 c.  orang kedua pelaku utama
b.      orang pertama pelaku sampingan                          d.  orang kedua pelaku sampingan

38.         Plaque: Mobil meluncur lagi. Mereka sudah memasuki daerah Wales sekarang. Gunung-gunung sudah mulai tampak menjulang di kejauhan. Cuaca sore itu cerah. Daerah yang mereka lewati tidak nampak begitu putih diselimuti salju, dibandingkan dengan daerah sekitar tempat tinggal mereka.
        Lima sekawan, Rahasia Logam Ajaib









Kutipan novel terjemahan di atas menunjukkan hal berikut, kecuali.......
a.      setting waktu                                    c.   Setting suasana
b.      setting tempat                                  d.  alur

39.         Gito        : ” Ini pasti ulah si Rika. Ia balas dendam kepada kita. “ (sambil membersihkan kelas)
Nadia     : ” Rasanya hal itu tidak mungkin Rika bukan tipe anak pendendam. Setahuku selama ini ia baik
Gito        : ”Mungkin juga. Buktinya kelas kita sekarang kotor. Mungkin sepulang sekolah kemarin ia sengaja membuang sampah-sampah ini.”
Isi dialog di atas adalah...............
a.      memperdebatkan penyebab kelas yang kotor       c.  Rika termasuk anak pendendam
b.      pransangka buruk terhadap Rika                            b.  kekecewaan Gito kepada Rika



40.         Rounded Rectangular Callout:  Ternyata, itu teriakan lelaki tua bertubuh tinggi dan besar, berkimono serba hitam, dengan rambut panjangnya terkuncir ke belakang. Ia berdiri di sebuah tempat yang mirip panggung di antara deretan pohon sakura yang besar-besar. Orangnya sungguh ramah, wajahnya berwibawa, ditambah paduan merah pipinya. Akan tetapi, orang-orang itu tak menghiraukan teriakannya.








Pendeskripsian watak tokoh dalam cerita di atas adalah........
a.      melalui pikiran tokoh                                    c.  Perbincangan antartokoh
b.      melalui penjelasan langsung                       d.  keadaan di sekitar tokoh

41.         Flowchart: Display:  Tadi malam, Hidayat berpikir panjang mengenai hidupnya, mengenai rencana hidupnya. “Tak mungkin aku terus-terusan begini, tidak menentu. Mesti ada sesuatu yang kukerjakan. Mesti ada sesuatu yang lebih produktif daripada yang kulakukan sekarang. Tetapi apa? Modal tidak ada, “pikirnya. “Dalam keadaan seperti ini, yang harus kujual ialah jasaku, tenagaku, pikiranku,”










Amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen tersebut adalah.................
a.  Setiap orang pasti memiliki rencana                                   
b.  Kita tidak boleh menyerah pada keadaan
c.  Hidup itu adakalanya tidak menentu
d.  Setiap orang harus menjual jasanya, pikirannya, dan tenaganya.

42.         Bacalah penggalan cerpen berikut!



Ibu sedang bercerita tentang penembakan dan saudara-saudaraku yang hilang, tapi aku tidak bisa mendengarkan karena aku sedang meniup seruling dengan perasaan yang rawan, yang menggerakkan kenyataan ke dalam diriku yang begitu kosong, sehingga setiap kota yang mengalir bergaung tanpa perbedaan tanpa keinginan, tanpa impian. Sampai kenangan tercetak di atas piring itu, tersayat bersama daging hewan-hewan yang dimakan setengah matang atas nama peradaban yang begitu kelabu, seperti kabut pagi itu yang mendekapku dalam dingin, yang mengeluarkan bisikan seperti rintihan berkepanjangan.
                                                                                                      (Saksi Mata, Seno Gumira Ajidarma)
 
 














Watak tokoh aku dalam penggalan cerpen di atas adalah........
a.      jujur, baik hati                                   c. kesal, dendam
b.      iri hati, dengki                                   d. dengki, marah

43.         ( Ayah dan Ibu ke pintu. Berpandangan Menghela napas panjang. Ayah Ibu gelisah bingung).
Ayah       : ”Di mana mereka, Bu?”
Ibu          : “Mereka pergi. Mereka tidak peduli sama kita, Pak. ”(Nangis)
Ayah       : ”Mengapa kau, Bu.....Kenapa harus nangis?’
Ibu          : ”Tak tahan lagi aku. Entah apa yang merasuki jiwa anak kita. Aku tak tahan lagi menghadapi hal ini. Rumah ini sudah dianggap bukan rumah lagi. Hotel........benar-benar seperti hotel.” (Pause)
Ibu          : ...............
” Mereka tidur, makan, lalu pergi. Tanpa ketenangan tanpa perhatian, tanpa kemesraan,” (Pause)
”Lihat, Pak, perabot rumah kita!
Semua serba lurus.
Lurus..............
Seperti kamar tunggu dokter.”
(Terisak)
.............................................
                                 Kolot. Rendra
Penggalan drama di atas mengisahkan suasana berikut, kecuali...........
a. jengkel                                   c. maran
b. gelisah                                    d. masa bodoh

44.         Bacalah dengan teliti !


Octagon:  Kabut mulai turun, padahal hari masih menunjukkan pukul 2 siang. Puncak-puncak gedung mulai mengelabu. Tak kelihatan lagi burung-burung elang yang melayang berputar di angkasa. Suhu merosot turun, dan angin meniupkan hawa beku. Ketika angin meniup, serempak orang-orang melakukan gerakan hampir sama : merapatkan kerah baju, atau jaket mereka. Dingin begitu menusuk-nusuk.
 












Unsur yang menonjol dalam kutipan cerpen di atas adalah...........
a.  alur                                        c.  tema
b.  latar                                       d.  amanat     

45.         Cloud Callout: Daun-daun Gugur Lagi
Bumi kembali menangis, saat letusan itu muntah
Melebihi guntur siang hari, ada pekik burung-burung nazar
Ada tangis murai beriuhan, dan ada kegirisan terkurung
Daun-daun itu gugur, daun-daun itu gugur lagi
Rebah ke pangkuan pertiwi yang belum henti membalut luka
Kemudian berjuta-juta perjuangan bergelora
Seakan tak akan dihentikan
Iyut FitraBacalah puisi berikut !














Amanat yang tersirat dalam penggalan puisi diatas adalah...............
a.      Renungkanlah apa yang sedang terjadi di negeri ini.
b.      Kita jangan melupakan jasa perjuangan para pahlawan.
c.      Hendaknya kita berjuang terus untuk mengatasi masalah di negeri ini.
d.      Janganlah menyia-nyiakan pengorbanan para pahlawan
46.        


Text Box: Gunung tinggi diliputi awan
Berteduh langit malam dan siang
Terdengar kampong memanggil taulan
Rasakan hancur tulang belulang
 








Maksud penggalan puisi di atas adalah menggambarkan................
a.      Keindahan gunung yang menjulang tinggi.                                   
b.      Kerinduan yang mendalam pada kampung halaman
c.      Perkampungan yang dipayungi awan biru yang indah
d.      Keindahan gunung yang puncaknya selalu berawan

47.         Bacalah paragraf  berikut!


Flowchart: Document:  
Di belakang bukit sebelah selatan, padang ilalang terbentang luas,…………
Putih tipis, terumbai-rumbai bergerak ditiup angin, seperti busa air di arus kali yang luas.
 










Kalimat yang tepat untuk melengkapi deskripsi di atas adalah...................
a.      Sawah hijau kelihatan menyenangkan hati.
b.      Bunga-bunga ilalang berayun-ayun
c.      Saat itu, padang ilalang penuh dengan bunga-bunga.
d.      Andainya padang ilalang tumbuh

48.         Bacalah penggalan cerita ”Mutiara di Tengah Sawah” berikut!


Flowchart: Sequential Access Storage:  Tiba-tiba, jantungku gemetar karena sadar akan tujuan pembicaraannya bahwa dia sebagai orang dewasa tidak bisa ditipu atau dibohongi. Pastilah sekarang bagiku dia sungguh-sungguh mencurigai aku bahwa akulah yang mencuri cincin itu.
(Mutiara di Tengah Sawah, Gerson Poyk)
 













Konflik yang terjadi pada tokoh aku adalah konflik.................
a. aku dengan cincin                             c. aku dengan lingkungan
b. aku dengan dia                                 d. aku dengan orang dewasa
49.        


Text Box: Rani : Hai, apa yang kau lakukan?
  Tampak sibuk sekali
Dina : Ah, tidak!
Rani : Bagaimana kalau saya bantu ?
Dina : Tidak usah
Rani : Kalau saya bantu, cepat selesai.
Dina : Udah, sendiri aja.
 









Dialog yang diucapkan dengan suasana jengkel terdapat dalam ucapan?
a. ”Bagaimana kalau saya bantu?”                  c. ”Kalau saya bantu cepat selesai.”
b. ”Tidak usah.”                                                  d. ”Udah, sendiri aja.”



Tidak ada komentar:

Posting Komentar