Minggu, 21 November 2010

Tugas Membuat Naskah Drama Kelas 8


TUGAS MEMBUAT NASKAH  DRAMA UNTUK DIPENTASKAN
Buatlah naskah drama, tema lingkungan hidup
Contoh:
1.      Permasalahan
Kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya
2.      Jalan cerita
a.      Tempat (setting)  di kantin
§  Ada penjual dan pembeli
§  Ada jajan dan situasi jual beli di kantin
§  Ada tempat sampah
§  4  membeli makanan. 3 orang membuang sampah seenaknya. 1orang menegur.
§  Yang ditegur tersinggung, terjadi pertengkaran
§  Ibu kantin melerai. Tanpa banyak bicara mengambil sampah dan dibuang di tempat sampah tanpa dipilah-pilah
§  Salah satu pembeli menegur bahwa cara membuang sampah salah.
§  Salah satu pembeli mengingatkan, cara menegur orang tua yang sopan
§  Terjadi pertengkaran lagi

b.      Tempat peristiwa di kelas
·         Pada jam istirahat, banyak siswa makan jajan di kelas
·         Salah satu siswa (yang menegur di kantin) mengingatkan temannya agar sampah dibuang di tempat yang benar.
·         Dua orang siswa (pelaku di kantin) membuang sampah seenaknya sengaja dibuat-buat.
·         Yang menginatkan tersinggung, terajdi pertengkaran
·         Bel  berbunyi. Kelas kotor
·         Wali kelas datang. Piket yang dimarahi wali kelas
·         Sambil membersihkan sampah, piket menyampaikan bahwa yang membuat kotor siswa ...
·         Akhirnya wali kelas menasehati cara membuang sampah

c.       Pelaku
1. (1)pemilik kantin
2. (4) orang siswa di kantin
3. (2) orang siswa piket


3.      Para pemain
Suitradara       :
Pemilik kantin :
Siswa di akntin            :
Piket                :
Contoh permasalahan
1.      Piket di UKS, ada siswa yang sering sakit di UKS Oarngnya sama, padahal beda kelas. Harinya selalau hari tertentu. Ternyata janjian untuk bertemu. Petugas lapor ke pembina UKS. Setelah ketahuan bahwa anaknya pacaran, orang tua dipanggil.
2.      Kegiatan Jumat bersih, kelas mendapat predikat terkotor. Wali kelas marah-marah. Ternyata siswa laki-laki tiak pernah mau membersihkan kelas.
3.      Pemanfaatan limbah. Ada siswa setiap pulang sekolah selalu pulang paling akhir. Ada temannya yang curiga. Dikira dia mencuri sesuatu di sekolah. Diintip gerak geriknya di sekolah. Ketika kethuan ada temannya mengintip dia lari dan tidak terkejar. Setelah diselidiki di rumah, ternyata dia sering ke tukang loak. Dia mencari sampah-sampah untuk dikumpulkan dan dijual untuk beaya sekolah.
4.      Kegiatan penghijauan ada penjaga sekolah yang mengambil tanaman yang bagus-bagus dibawa pulang.
5.      Terlambat  masuk sekolah dihukum untuk menyiangi taman.
6.      Perawatan taman di luar kelas tetapi sering diganggu teman lain.
7.      Lomba pemanfaatan limbah, ternyata banyak yang membeli di pasar. Padahal tujuannya agar siswa bisa membuat, bukan membeli.

4 komentar:

  1. Cahaya Putih

    Senja telah berganti malam, hati yang lelah ku sandarkan di kursi tua dengan debu yang amat halus.kumandang adzan telah ku dengar, pertanda mahgri telah tiba. Ku ambil air wudlu, dan bergegas sholat mahgrib, tetapi kenapa ada yang aneh, dari tadi pada saat aku berjalan selalu ada yuang mengikuti ku di belakang , dan seperti akan memarikku.Tapi aku tetap diam dan tetap menjalankan sholat mahgrib ku, dan mencoba melupakan semua tadi.
    Selesai sholat, ku mulai mengambil buku dan belajar untuk besok, tapi rasa ragu tiba-tiba ada lagi.Tetapi aku berusaha bersikap biasa saja.Mengingat bahwa aku di rumah sendiri, aku teringat temanku yang baru saja meninggal dunia,Dan kata teman-temanku kalau orang yang habis meninggal akan berkunjung di depan rumah temannya.
    Teringat itu aku jadi ketakutan, dan bulu kuduku merinding.Setelah teringat itu, akau dibayangi oleh temanku yang baru meninggal yaitu LINDRI ISMA ATALITA.Dan aku melihat sebuah cahaya putih, yang tepat berada di depanku, dan di pojok halamanku, terlihat sosok perempuan cantik, tapi aku hanya diam dan berfikir, "Apakah itu temanku Lindri???"
    Jantung berdebar kencang, dan air mataku pun keluar sedikit demi sedikit, setelah itu aku merasa seperti orang linglung.Kemudian aku di kagetkan dengan suara motor, yaitu ayah dan ibuku yang baru saja datang.

    BalasHapus
  2. Cahaya Putih

    Senja telah berganti malam, hati yang lelah ku sandarkan di kursi tua dengan debu yang amat halus.kumandang adzan telah ku dengar, pertanda mahgri telah tiba. Ku ambil air wudlu, dan bergegas sholat mahgrib, tetapi kenapa ada yang aneh, dari tadi pada saat aku berjalan selalu ada yuang mengikuti ku di belakang , dan seperti akan memarikku.Tapi aku tetap diam dan tetap menjalankan sholat mahgrib ku, dan mencoba melupakan semua tadi.
    Selesai sholat, ku mulai mengambil buku dan belajar untuk besok, tapi rasa ragu tiba-tiba ada lagi.Tetapi aku berusaha bersikap biasa saja.Mengingat bahwa aku di rumah sendiri, aku teringat temanku yang baru saja meninggal dunia,Dan kata teman-temanku kalau orang yang habis meninggal akan berkunjung di depan rumah temannya.
    Teringat itu aku jadi ketakutan, dan bulu kuduku merinding.Setelah teringat itu, akau dibayangi oleh temanku yang baru meninggal yaitu LINDRI ISMA ATALITA.Dan aku melihat sebuah cahaya putih, yang tepat berada di depanku, dan di pojok halamanku, terlihat sosok perempuan cantik, tapi aku hanya diam dan berfikir, "Apakah itu temanku Lindri???"
    Jantung berdebar kencang, dan air mataku pun keluar sedikit demi sedikit, setelah itu aku merasa seperti orang linglung.Kemudian aku di kagetkan dengan suara motor, yaitu ayah dan ibuku yang baru saja datang.

    No.Absen:23(8d)

    BalasHapus
  3. Hembusan angin malam telah datang untuk mengganti siang yang panas dan terik . Malam itu aku isi dengan lagu "Kau Tercipta Bukan Untukku" . Entah mengapa , aku merasakan hal yang sedikit ganjal dan aneh dalam diriku . Ya , memang malam itu adalah malam Jum'at yang katanya adalah dimana para makhluk halus keluar .
    Tapi aku tepis semua itu dengan tetap menyanyi . Aku pun seakan-akan ikut terbawa dalam kesunyian malam itu . Tiada suara yang dapat di tangkap oleh telingaku ini . Jangkrik yang biasanya bernyanyi mengisi datangnya mala hingga waktu menginjak fajar tersenyum kembali , tidak terdengar lagi . Hanya sesekali angin bertiup sepoi - sepoi memasuki isi kamarku yang lumsysn besar .
    Aku merasa lelah dengan kegiatanku siang tadi . Tanpa pikir panjang aku pun langsung menarik selimut dan merebahkan tubuhku ini di atas kasur yang empuk . Aku tidur tepat jam 21.00 WIB.
    Aku di bangunkan oleh suara wanita yang sedang bernyanyi lembut dari luar rumah . Karena penasaran , aku pun beranjak dari tempat tidurku dan mencoba mendekati asal mula suara itu berasal sembari menenangkan hatiku yang sedikit ketakutan.Semakin lama suara itu semakin terdengar jelas di telingaku.
    Jantung berdebar sangat kencang , seluruh tubuhku seakan mati rasa. Aku takut , aku ingin lari ,tapi sesuatu hal ada yang menghadangku.Aku melihat sesosok wanita cantik bergaun serba putih berada di depan mataku.Wanita itu berambut hitam panjang legam. Jika melihat sekilas wanita itu sangat cantik .Entah berapa lama aku berdiri terpaku melihat wanita tersebut tanpa satu kata yang aku ucap . Ketika aku mulai berkedip , wanita itu hilang entah kemana dengn sekejab , Menyadari hal tersebut akulangsung pergi meninggalkan tempat itu tanpa pikir panjang dengan jantung yang berdebar kencang , dan hati yang sangat ketakutan.


    35_d

    BalasHapus
  4. Penampakan
    Pada waktu sore hari sebelum magrib telah terjadi peristiwa yang mengesahkan warga.Peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya yaitu ada seorang warga yang hilang.Keluarganya sudah mencari kemana-mana tetapi belum di temukan juga.Sampai warga kesah mencarinya.
    Jam sudah menunjukan pukul 21.00,namun orang tersebut belum ditemukan.tidak lama kemudian ada seseoarang warga yang menemukan ternyata orang yang tersebut ditemukan di tengah-tengah bambu.Setelah dinyai orang tersebut dibawa oleh penampakan genderuwo.











    MOS is the best
    Pagi hari yang terang cemerlang ini aku mulai masuk sekolah tetapi tidak di sekolah dasar lagi melainkan di SMP.Kini saya memilih untuk melanjutkan sekolah di SMP 1 BOYOLANGU.Disini saya memulai untuk menerima pelajaran yang lebih tingi di banding yang dulu.
    Udara yang segar menemani saya untuk berangkat ke sekolah yang baru.Karena masih dimulai dengan kegiatan MOS.Dari rumah saya berdadan ala orang aneh gitu deh.Kayak orang sedeng,kataku dalam hati.Rambut dikuncit dengan tali rafia.Bukankah itu penampilan yang gila mungkin ada orang yang melihat akan tertawa dan megira kita orang gila.
    Meskipun penampilan yang aneh tetapi itu justru pengalaman yang mengasankan bagiku.dalam kegiatan MOS ini ad berbagai lomba dan pemenagnya akan duberi hadiah.Akhirnya kegiatan MOS berjalan dengan baik dan sukses

    BalasHapus