Minggu, 22 Mei 2011

RPP BAHASA INDONESIA KELAS 9 GANJIL (MENGKRITIK, MEMUJI _ BERWAWASAN LINGKUNGAN)


RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS IX
SEMESTER  GANJIL

STANDAR KOMPETENSI

2.1             Mengkritik, memuji berbagai karya seni atau produk dengan bahasa yang lugas dan santun.

KOMPETENSI DASAR
2.                  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi ragam bentuk komentar dan laporan

INDIKATOR
1.             Mampu menjelaskan  kelebihan karya produk dari limbah kertas.
2.             Mampu menjelaskan kekurangan karya produk dari limbah kertas.
3.        Mampu mengkritik karya produk limbah kertas dalam bahasa yang santun.
4.        Mampu memuji karya produk dari limbah kertas dalam bentuk kalimat.
5.        Mampu menulis kritikan dan pujian dalam bentuk paragraf.

ALOKASI WAKTU
                        2 X 45’
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah mengamati sebuah benda yang terbuat dari limbah kertas, siswa dapat menyebutkan   kekurangan  karya tersebut.
2.      Setelah mengamati sebuah benda yang terbuat dari limbah kertas, siswa dapat menyebutkan kelebihan  karya tersebut.
3.      Setelah mengamati sebuah benda yang terbuat dari limbah kertas, siswa dapat membuat kritikan dalam bentuk kalimat.
4.      Setelah mengamati sebuah  benda yang terbuat dari limbah kertas, siswa dapat memberikan pujian dalam bentuk kalimat.
5.      Setelah mengamati salah satu karya produk dari limbah kertas, siswa dapat membuat paragraf yang berisi kritikan dan pujian.


B.   MATERI PEMBELAJARAN
    1. Membuat kritikan dan pujian disertai alasan atau bukti.
    2. Membuat paragraf yang berisi kritikan dan pujian.
    3. Menyebutkan kosa kata yang bernada kritikan dan pujian.

C.    METODE PEMBELAJARAN
    1. Pemberian tugas
    2. Diskusi Kelompok
    3. Pemodelan
    4. Inquiri

D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Dalam langkah-langkah pembelajaran ini terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

KEGIATAN AWAL

1.                 Siswa diajaka bertanya jawab tentang kerajinan tangan yang terbuat dari limbah.
2.                 Siswa deiberitahu tentang tujuan pembelajaran hari ini, yaitu membuat paragraf yang berisi kritikan dan pujian.
3.                 Kerajinan tangan banyak sekali ragamnya. Ada yang terbuat dari kertas, palstik, batu, kayu, dsb. Ada pula yang terbuat dari limbah. Di daerah tulungagung terkenal dengan kerajinan keset yang terbuat dari limbah kain. Nilai jualnya pun sangat menghasilkan.
4.                 Apakah benda-benda di rumahmu ada yang terbuat dari limbah? Coba sebutkan!
KEGIATAN INTI
1.           Siswa diberikan benda yang terbuat dari limbah kain, yaitu keset.
2.           Siswa diajak berdiskusi. Apakah kelebihan keset dari limbah kain tersebut? Apakah kekurangannya?
3.           Siswa menuliskan keleboihan dan kekurangan benda tersebut, kemudian diberi tugas untuk membuat kritikan dan pujian dalam bentuk kalimat. Misalnya
Keset          kelebihan : dapat digunakan untuk menjaga kebersihan lantai
                    Kekurangan: bentuknya kurang rapi, potongan kain berantakan

Keset dari limbah kain tersebut kurang bagus, kelihatan kurang rapi dan potongan kainnya acak-acakan. Namun demikian. Keset itu juga bagus, karena dapat digunakan untuk menjaga kebersihan lantai.
4.           Siswa diminta untuk mengkritik dan memuji kerajinan tangan yang disipakan oleh guru, misalnya bunga dari limbah plastik, bunga dari limbah kertas, vas bunga dri limbah marmer.
5.           Kalimat kritikan dan kalimat pujian  yang dibuat disuruh membandingkan dengan kalaimat kritikan dan kalimat pujian pada Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs. ) Oleh Barokah Santoso dkk. (hal. 1 – 13)
6.           Lihat 4B hal 3! Kemenangan foto bebek sebagai pemenang kedua ini tidaklah terlalu menherankan. Ia sangant eye catching  alias menarik perhatian. Dari sisi fotografi sangat unggul dalam teknik. Tajam dan sangat terseleksi fokusnya antara layar depan dan layar belakang.

KEGIATAN AKHIR
1.      Siswa berdiskusi untuk menentukan kata-kata kritikan dan kata-kata pujian yang telah dibuatnya.
2.      Siswa disuruh mengidentifikasi kalimat-kalimat yang berisi kritikan, pujian, serta alasan
  1. Siswa mengadakan refleksi dengan cara menceritakan manfaat pembelajaran mengkritikd an memuji dengan bahasa yang santun.

E. SUMBER BELAJAR
    1. Buku Belajar Berbahasa Belajar Berkomunikasi (Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs. ) Oleh Barokah Santoso dkk. (hal. 1 – 13)

F. MEDIA PEMBELAJARAN
    1. Benda-benda yang terbuat dari limah, misalnya keset dari limbah kain, vas bunga dari limbah marmer, bunga dali limbahj kertas, bunga dari limbah plastik.

G. PENILAIAN

TEKNIK

Tes lisan dan tulis
BENTUK INSTRUMEN
            Subejektif uraian terbatas
CONTOH INSTRUMEN
  1. Siswa diberikan sebuah benda berupa vas bunga dari limbah marmer
a.     Tulilslah dua buah kekurangan benda tersebut!
b.     Tulislah dua buah kelebihan benda tersebut!
c.     Buatlah kalimat kritikan berdasarkan kata-kata tentang kekurangan benda tersebut!
d.     Buatlah kalimat pujian  berdasarkan kata-kata tentang kelebihan benda tersebut!
e.     Buatlah sebuah paragraf yang berisi kriktikan dan pujian terhadap vas bunga yang terbuat dari limah marmer!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar