Minggu, 22 Mei 2011

RPP BAHASA INDONESIA KELAS 9 GANJIL (MENULIS SURAT PEMBACA _ BERWAWASAN LINGKUNGAN)


RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS IX
SEMESTER  GANJIL

STANDAR KOMPETENSI

12.3    Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah.
KOMPETENSI DASAR
12.         Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca.
INDIKATOR
1.             Mampu menentukan permasalahan di lingkungan sekolah yang perlu mendapat perhatian atau penanganan.
2.             Mampu menuliskan permasalahan tersebut menjadi sebuah surat pembaca yang santun.
3.             Mampu menanggapi surat pembaca dengan bahasa yang santun.

ALOKASI WAKTU
                        2 X 45’
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah mengamati keadaan lingkungan sekolah, siswa dapat menentukan sebuah permasahan yang perlu mendapat perhatian atau penanganan.
2.      Melalui permasalahan yang ditemukan, siswa dapat menentukan siapa yang perlu menangani permasahan tersebut.
3.      Melalui permasalahan yang ditemukan, siswa dapat menulis surat pembaca dengan bahaaa yang santun.
4.      Berdasarkan surat pembaca yang dibuat oleh temannya saku kelas, siswa dapat menanggapi dengan bahasa yang santun.




B.   MATERI PEMBELAJARAN
    1. Menulis surat pembaca dengan bahasa yang santun  berdasarkan permasalahan lingkungan sekolah.
    2. Menanggapi surat pembaca tentang lingkungan sekolah dengan bahasa yang santun.

C.    METODE PEMBELAJARAN
    1. Pemberian tugas
    2. Diskusi Kelompok
    3. Pemodelan
    4. Inquiri

E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Dalam langkah-langkah pembelajaran ini terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

KEGIATAN AWAL

1.                 Siswa diajak bertanya jawab tentang surat pembaca di majalah atau di koran.
2.           Siswa deiberitahu tentang tujuan pembelajaran hari ini, yaitu menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah serta menanggapi surat pembaca.
 KEGIATAN INTI
1.           Siswa dibentuk kelompok. Kelompok ditentukan berdasarkan piket kelas. Tiap kelompok mendapat tugas yang berbeda.
Kelompok                        Tugas pengamatan
Senin                                 toilet
Selasa                               kantin                                               
Rabu                                 tempat sepeda
Kamis                                 tempat sampah
Jumat                               pembuangan akhir sampah
Sabtu                                musola
2.           Setiap kelompok mendapat tugas untuk mencari permasalahan. Permasalahan tersebut berupa pendapat atau saran setelah melakukan pengamatan.
3.           Setelah menemukan permasalahan, siswa kembali ke kelas dan berdiskusi tentang tujuan surat pembaca ayang akan dibuat.
4.           Setiap siswa membuat surat pembaca berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan.
5.           Salah satu hasil pekerjaan siswa dalam setiapa kelompok doitukarkan dengan kelompok lain untuk ditanggapi.




KEGIATAN AKHIR
1.      Pekerjaan siswa yang paling baik dalam setiap kelompok ditempelkan di mading kelas.
2.      Guru bersama siswa mengadakan refleksi dengan cara tanya jawab tentang manfaat surat pembaca.

  1. SUMBER BELAJAR
    1. Buku Belajar Berbahasa Belajar Berkomunikasi (Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMP/MTs. ) Oleh Barokah Santoso dkk.

  1. MEDIA PEMBELAJARAN
Lingkungan sekolah, misalnya kantin, musola, tempat sepeda, toilet, pembuangan akhir sampah, tempat sampah

  1. PENILAIAN

TEKNIK

Tes lisan dan tulis
BENTUK INSTRUMEN
Subejektif uraian terbatas
CONTOH INSTRUMEN
  1. Lakukan pengamatan di lingkungan sekolah!
  2. Tentukan permasalahan yang layak untuk diangkat dalam surat pembaca. Permasalahan tersebut bisa berupa saran maupun pendapat.
  3. Tulislah saran atau pendapatmu dalam bentuk surat pembaca!
  4. Tukarkah kepada teman sebangkumu!
  5. Komantari atau tanggapilah pekrejaan temanmu dengan bahasa yang santun!
  6. Kembalikan, dan tempelkan di mading kelas!









(alternatif jawaban )
1. (tindakan)
2. Pemilhan sampah di tempat sampah tidak sesuai dengan jenis sampah. 3.

POLISI SAMPAH
Tempat sampah di SMPN 1 Boyolangu seharusnya berisi sampah yang sudah dipisahkan. Sampah plastik, sampah kertas, sampah daun harus ditempatkan berbeda, yaitu sampah organik dan anorganik. Namun di tempat sampah kantin sekolah masih campur. Padahal sudah disediakan tempat sampah dua macam dan ada tulisannya. Bagaimana kalau disiapkan “POLISI SAMPAH?”

Bety 8a.

2 komentar:

  1. Saya sarankan kalau ada Contohnya "SURAT PEMBACA" Tolong di posting di blog anda

    BalasHapus
  2. surat pembaca pada prinsipnya berisi sebuah informasi tentang suatau keadaan, dan penulis berharap ada perhatian atau tindakan terhadap informasi tersebut

    Contoh Surat Pembaca untuk majalah sekolah atau majalah dinding

    BERLATIH RECODRDER MENGGANGGU KELAS SEBELAH

    Setiap akan diadakan ulangan praktek Seni Budaya materi recorder, teman-teman selalu memperiapkan diri. Periapanya dil;akukan di kelas, jadi sangat gaduh, apalagi kalau kelas tidak ada gurunya. Wah kami di kelas sebelah sangat terganggu.
    Untuk itu mohon kalau berlatih di luar kelas ya, agar kami juga bisa belajar dengan tenang.
    Mita 9 f


    SAMPAH DI DEKAT KANTIN BERSERAKAN

    Kalau sudah jam istirahat wah rame banget kantin. Mereka menyerbu makanan. Maklum waktu istirahat hanya 15 menit. Tapi ketika bel masuk... waw sampahnya berserakan. Katanya cinta kebersihan, kok tidak mau membuang sampah di tempatnya ya.

    Yuk belajar mendisiplinkan diri, dengan tertib membuang sampah pada tempatnya. Pasti akan terwujud kantin sehat bebas sampah.

    novi 8a


    Contoh surat pembaca untuk dimuat di harian / koran

    JALAN BERLOBANG

    Di sebelah rumah saya, Jalan Raya Gesikan Pakel, dekat jembatan, ada jalan aspal yang rusak. Berlobang agak dalam. Sudah ada 2 korban jatuh dan terluka.

    Pada pemerintah atau yang berwenang, tolong dong jalannya diperbaiki, sebelum jatuh korban yang lain. Atas perhatiannya saya sampakian terimakasih.

    Sumadi, Gesikan Pakel

    BalasHapus