Minggu, 22 Mei 2011

RPP BAHASA INDONESIA KELAS 9 GANJIL (MEMBACA TABEL _ BERWAWASAN LINGKUNGAN)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA PELAJARAN                         BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER                            9 /2
STANDAR KOMPETENSI                  Mampu membaca dan memahami ragam teks nonsatra dengan berbagai cara membaca: membaca intensif dan ekstensif, membaca cepat, membaca memindai, membaca sekilas, membaca grafik, bagan, tabel, diagram.
KOMPETENSI DASARA                    Membaca intensif grafik, tabel, bagan.
INDIKATOR                                         1. Mampu membaca isi tabel
                                                              2. Mampu menuliskan isi tabel yang dibacanya dalam bentuk paragraf.
ALOKASI WAKTU                               2 X 45 menit
1. Tujuan Pembelajaran
a.     Setelah siswa diberikan contoh cara membaca tabel, siswa dapat membaca tabel dengan benar.
b.     Melalui data yang diperoleh tentang keadaan kebersihan kelas, siswa dapat menuliskan isi tabel dalam bentuk paragraf.
2. Materi Pembelajaran
Membaca tabel, menuliskan isi tabel yang dibaca dalam bentuk paragraf
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membaca tabel adalah sebagai berikut:
·                Baca judulnya. Judul merupakan ringkasan yang padat tentang informasi yang disampaikan,
·                Baca keterangan di atas, bawah, samping. Keterangan merupakan kunci penjelasan data yang disampaikan.
·                Ajukan pertanyaan tentang tujuan. Ketika membaca selalu ingat tujuan dan informasi yang kita cari.
   DATA PELANGGARAN TATA TERTIB  SISWA KELAS 8 SMPN 1 BOYOLANGU TANGGAL 22 MEI 2008
KELAS

PELANGGARAN
8A
8B
8C
8D
8E
8F
8G
8H
BERKAOSKAKI PENDEK

8

13

11

7

21

4

27

12
TIDAK BERTAS “SIBOY”

2

3

2

0

4

0

1

0
TIDAK HADIR TANPA KETERANGAN

3

2

0

1

4


2

4

1
JUMLAH
13
18
13
8
29
6
32
13
Sumber : data BK smpn 1 boyolangu Mei 2008
                                                 (1)
Keterangan :
(1) judul
(2) lajur
(3) kolom
(4) sumber infromasi
Langkah-langkah membaca tabel
·         Langkah-langkah membaca tabel menurut buku Panduan Guru Bahan Penyerta Siaran Televisi Edukasi ( 2007:500) ada 4 yaitu : (1) Bacalah judul tabel (2) amatilah kolom dan lajur yang ada di tabel (3) temukanlah informasi yang ada pada pertemuan kolom dan lajur (4) bacalah sumber informasi di bawah table (jika ada).

3. Metode Pembelajaran
·         Pemodelan
·         Kuis
·         Pemberian Tugas
4. Langkah-Langkah pembelajaran
Langkah pembelajaran dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup
a. Kegiatan awal
·      Guru mengajak siswa untuk memperhatikan data presensi siswa yang ada di depan kelas. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang siapa  yang tidak hadir  hari ini.
·      Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa data kehadiran siswa yang ada di depan kelas merupakan salah satu contoh tabel.
b. Kegiatan inti
§  Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru cara membaca data di presensi kelas.
§  Tulis data yang ada dalam tabel  dalam bentuk paragrap.
§  Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membaca tabel adalah sebagai berikut :
§  Baca judulnya
§  Judul merupakan ringkasan yang padat tentang informasi yang disampaikan
§  Baca keterangan di atas, bawah, samping.Keterangan merupakan kunci penjelasan data yang disampaikan
§  Ajukan pertanyaan tentang tujuan
§  Ketika membaca selalu ingat tujuan dan informasi yang kita cari
§  Berdasarkan petunjuk tersebut, siswa mencoba membaca tabel dalam bentuk kalender tahun 2008.
§  Setelah siswa dianggap mampu membaca tabel, siswa diberikan tabel berupa rubrik penilaian.
§  Siswa memperhatikan guru yang mendemontsrasikan cara menilai pembacaan tabel dalam bentuk rubrik penilaian.
§  Siswa diberikan tabel yang di bawahnya berisi pertanyaan tabel.
§  Dalam waktu 5 menit, soal nomor 3 harus sudah selesai dan ditukarkan kepada teman sebangku. Kegiatan selanjutnya adalah menilai pekerjaan teman sebangku.
§  Siswa menilai kelengkapan data dengan panduan guru dan rubrik penilaian.
§  Siswa menjawab pertanyaan guru.
·                         Apakah judul ditulis?
·                         Jika ditulis, berikan nilai seperti yang ada pada rubrik.
·                         Apakah data dalam lajur ditulis?
·                         Jika ditulis berikan nilai maksimal,
·                         Jika tidak, berikan nilai minimal.
§  Begitu seterusnya, guru memandu dengan pertanyaan-pertanyaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar