Minggu, 01 Mei 2011

RPP BAHASA INDONSIA SMP GENAP KELAS 8...7_10


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
7
Sekolah                           :  SMP NEGERI 1 BOYOLANGU
Kelas / semester               :  VIII / 2
Standar Kompetensi :   1.  Kemampuan membaca ekstensif beberapa berita, membaca inntensif menemukan bahan diskusi, membaca intensif teks berita, membacakan teks berita
Kompetensi Dasar        1.4.  Peserta didik mampu membacakan teks berita dengan  intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume secara jelas
  Indikator                     1.   Siswa mampu menentukan jeda, tanda baca dan tempo..
2. Siswa mampu membaca teks berta dengan intonasi yang tepat       serta artikulasi dan volume suara yang jelas.
Alokasi waktu                   :    4 x 40 menit. ( 2 x pertemuan ).

A.  Tujuan Pembelajaran.
1.    Melalui teks berita yang dipilih, siswa mampu menentukan jeda, tempo bacaan sesuai dengan isi berita.
2.    Melalaui teks berita yang dipilih dan telah diberi tanda jeda dan tanda tempo, siswa mampu membacak berita dengan baik.
B.  Materi Pembelajaran.
1.    Membaca berita
2.    Menandai berita dengan tanda jeda dan tanda tempo
3.    Membacakan berita
4.    Mengkritik pembacaan berit.

C.  Metode Pembelajaran.      
1.     Pemodelan
2.    Observasi / pengamatan
3.    Demontrasi


D.  Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
      Kegiatan awal :
a.    Siswa mendengarkan pembacaan teks berita dari model ( guru)
b.    Siswa dan guru bertanya jawab tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam membaca berita.
c.    Siswa berkelompok. Setiap kelompok 4 – 5 orang
      Kegiatan inti :
a.    Siswa diberikan dua buah paragrap penggalan berita untuk dibaca.

Batu Gerojok Bonus

BATU - Meski hasil UN tahun ini jeblok, namun tak mengurungkan niat Diknas Kota Batu mengucurkan bonus kepada siswa. Sedikitnya 72 siswa mendapatkan bonus setelah mereka lulus UN. Bonus tersebut diberikan kepada siswa yang menempati ranking 10 besar, siswa dengan nilai 10, dan siswa yang sebelumnya diprediksi tak lulus, namun akhirnya mereka lulus.

Jumlah bonus yang diberikan pun beragam. Siswa yang masuk ranking 10 besar akan mendapatkan masing-masing Rp 5 juta, siswa dengan nilai 10 Rp 1 juta, serta 60 siswa dengan kategori lower ternyata lulus mendapat Rp 250 ribu per siswa.

b.    Teks yang diberikan diberi tanda jeda agar mudah dalam membacakan berita.

Batu Gerojok Bonus ./

BATU./ Meski hasil UN tahun ini jeblok / namun tak mengurungkan niat Diknas Kota Batu / mengucurkan bonus kepada siswa./

c.    Wakil dari setiap kelompok membacakan berita tersebut ke depan kelas.
d.    Kelompok lain mengomentari pembacaan kelompok yang tampil.
e.    Kelomppok lain mendata kesalahan yang terjadi dari pembacaan teks berita dari segi intonasi, artikulasi, dan volume vokal.
      Kegiatan penutup :
a.    Guru dan siswa melakukan refleksi membicarakan kekurangan dari berbagai aspek (intonasi, artikulasi, volume vokal) dari pembacaan teks berita tiap-tiap wakil kelompok.
b.    Memilih pembaca berita terbaik untuk membacakan lanjutan berita yang telah dibagikan kepada siswa.
E.   Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
      - Koran, berita dari internet
      - Teks berita yang telah dibuat oleh siswa sendiri / guru.
F.   Penilaian.
      Teknik       : Penugasan
      Bentuk       : Tes dan nontes
      Bentuk instrument:
1.    Pilih teks berita dari internet, Koran, atau madding kelasmu!
2.    Baca dua paragraph pertama, kemudian beri tanda jeda agar kamu mudah untuk membacakannya!
3.    Bacakan di depan kelompokmu masing-masing!
4.    Setelah kamu membaca, mintalah kepada temanmu untuk memberikan masukan dan kritikan terhadap berita yang telah kamu bacakan.

Rubrik penilaian
Nama Penilai
No
Aspek yang dinilai

Jumlah

Kriteria
skor



1



2



3

Intonasi



Artikulasi



Volume
Jelas perbedaan waktu tanda koma dan titik.
Ada beberapa tanda koma yang dibaca tidak jelas.
Tidak ada perbedaan membaca tanda koma dan tanda titik
Jelas, mudah difahami
Kadang-kadang ada beberapa konsonan yang tidak jelas.
TIdak jelas
Nyaring dan menarik
Nyaring kurang menarik
Tidak begitu jelas untuk didengar
1
2

3
1
2
3
1
2
3











                  Mengetahui                                                      
               Kepala Sekolah                                                       Guru Mata Pelajaran


  Drs.H. MOHTAROM, M.Pd.                                               Budi Harsono,M.Pd  
  Pembina Tk.I                                                                                       NIP 19650308 198412 1001
  NIP 19591103 198103 1 007   



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
8
Sekolah                    :  SMP NEGERI 1 BOYOLANGU
Kelas / semester       :  VIII / 2
Standar Kompetensi                      Kemampuan menulis rangkuman buku, menulis teks berita serta menulis slogan dan poster
 Kompetensi Dasar                          : 1.1. Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan popular
Indikator          :
1.    Mampu menulis pokok-pokok isi buku
2.    Mampu merangkai pokok-pokok isi buku menjadi rangkuman
3.    Menyunting rangkuman

Tujuan Pembelajaran
  1. Melalaui sebuah buku ilmiah populer yang dibaca, siswa dapat menentukan isi atau inti berita dalam setiap bab.
  2. Dari inti setiap paragraf yang ditulis, siswa dapat merangkai menjadi rangkuman.
  3. Diberikan sebuah rangkuman pekerjaan teman sebangku, siswa dapat menyunting rangkuman tersebut.

Materi Pembelajaran
1.    Membaca buku ilmiah populer
2.    Menulis inti bacaan dalam setiap bab.
3.    Merangkum bacaan berdasarkan pokok-pokok bacaan setiap bab.
4.    Menyunting rangkuman orang lain.

Metode Pembelajaran
  1. Ceramah
  2. Diskusi
  3. Inquiri
  4. Pemberian Tugas

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pendahuluan

  1. Bacalah wacana berikut!
KELUARGA KECIL KELUARGA BAHAGIA

Keluarga kecil adalah sebuah keluarga yang jumlah anggota keluarganya sedikit, seperti yang dicanangkan pemerintah dengan sebutan catur warga. Catur berarti empat warga berarti jumlah warga dalam keluarga tersebut. Jadi catur warga berarti sebuah keluarga yang warganya terdiri atas empat orang yakni ayah, ibu, dan dua anak.
Keluarga bahagia adalah keluarga yang kehidupanya tidak memiliki permasalahan dan beban berat dalam menghidupi keluarga serta mempunyai hubungan yang harmonis antarsesama anggota keluarga. Bahagia tidak harus dimiliki oleh orang kaya saja tetapi juga bisa dimiliki oleh orang miskin. Materi tidak menjadi jaminan kebahagiaan seseorang atau keluarga.
Ditinjau dari sisi ekonomi jika jumlah anggota keluarga hanya sedikit kecenderungan hidup bahagia lebih besar dibanding dengan keluarga yang jumlah anggotanya lebih banyak. Kebutuhan makan dan sandang sedikit. Jika anggota keluarganya 4 orang cukup satu kilogram beras dalam sehari.
Dari sisi kesehatan, keluarga kecil cenderung lebih terpelihara. Kalau kita melihat keluarga yang jumlah anaknya banyak dan masih kecil-kecil, yang ini menangis, yang itu buang air besar, yang lain merengek minta jajan dll. Orang tua tidak bisa mengurus secara maksimal.
  1. Tulislah gagasan pokok wacana tersebut!
Paragraf ke-1            :...........................
Paragraf ke-1            :...........................
Paragraf ke-1            :...........................
Paragraf ke-1            :...........................
  1. Tulislah gagasan pokok seperti yang telah kamu sebut menjadi satu paragraf pendek!
..............................................................
Kegiatan inti
  1. Bacalah buku ilmiah populer pilihanmu. Catat hal-hal penting yang terdapat dalam buku tersebut dengan mengikuti panduan berikut!
    1. Bab 1:......................................................................................... ................................................................................... ....................................................................
    2. . Bab 2:......................................................................................... ................................................................................... ....................................................................
    3. . Bab 3:......................................................................................... ................................................................................... ....................................................................
    4. . Bab 4:......................................................................................... ................................................................................... ....................................................................
    5. . Bab 5:......................................................................................... ................................................................................... ....................................................................
  1. Berdasar pada pokok-pokok masing-masing bab tersebut kembangkan menjadi beberapa paragraf !
..............................................................
Penutup
  1. Mengetahui ide pokok sebuah paragraf menjadi dasar dalam penyusunan rangkuman.
Di mana sajakah letak ide pokok sebuah paragraf?
Bagaimana cara menentukan ide pokok sebuah paragraf?
  1. Carilah buku ilmiah populer yang lain kemudian susunlah rangkumannya sebagai tugas rumah kalian!
E.   Sumber Belajar dan Media Pembelajaran.
      - Buku ilmu pengetahuan popular / media cetak.
F.   Penilaian.
      Teknik: Tes tulis
      Bentuk instrument: Daftar pertanyaan
      Soal / instrument:
1.    Pilihlah salah satu buku ilmiah popular yang ada di perpustakaan.
2.    Tulislah judul setiap bab.
3.    Ringkaslah isi setiap bab dengan cara menulis inti bab tersebut.
4.    Rangkumlah ringkasaanmu agar menjadi paragraph yang menarik sesui judul buku yang kamu baca.
Rubrik penilaian
Kelompok yang menilai
No
Nama Kelompok

Jumlah

 Kriteria
skor


1



2


3
Kesesuaian ringkasaan dengan bab yang diringkas ide pokok


Pengembangan ringkasana menjadi paragraph baru

Kosakata atau diksi yang digunakan dalam paragraph
Sesuai
Ada beberapa yang tidak sesuai
Menyimpang

Sesuai
Ada beberapa yang tidak sesuai
Menyimpang
Bahasanya bagus, pilihan kata tepat, mudah dipahami
Bahasanya bagus, mudah dipahami, pilihan kata biasa saja
Bahasa yang digunakan tidak menarik.
3
2
1

3
2
1
3

2
1











                  Mengetahui                                                      
               Kepala Sekolah                                                       Guru Mata Pelajaran


        Drs.H. MOHTAROM, M.Pd.                                Budi Harsono,M.Pd.
        Pembina Tk.I                                                   NIP 19650308 198412 1001
        NIP 19591103 198103 1 007      

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
9
Sekolah                    :  SMP NEGERI 1 BOYOLANGU
Kelas / semester       :  VIII / 2
Standar Kompetensi   :     1. Kemampuan menulis rangkuman buku, menulis teks berita serta menulis slogan dan poster
Kompetensi Dasar    :     1.2. Peserta didik mampu menulis teks berita secara singkat padat dan jelas
Indikator    : 
1.                  Siswa mampu memilih objek lingkungan hidup yang akan ditulis menjadi berita
2.                  Siswa mampu menentukan informasi terhadap objek lingkungan yang akan ditulis menjadi berita.
3.                  Siswa mampu menuliskan teks berita tentang lingkungan secara singkat, padat dan jelas.
   Alokasi waktu          :  2 x 40 menit.

A.  Tujuan Pembelajaran.
1.      Setelah diberikan informasi tentang cara menulis berita, siswa dapat menentukan objek yang akan ditulis menjadi berita
2.      Setelah melakukan pengamatan, siswa dapat menentukan pokok-pokok pikiran yang akan ditulis menjadi berita.
3.      Dari ;pokok-pokok berita yang ditulis, siswa dapat menulis berita dengan pedoman 5W 1 H.
B.  Materi Pembelajaran.
1.      Menulis Teks Berita
2.      Melakukan pengamatan untuk menentukan objek yang akan ditulis menjadi berita
3.      Menulis pokok-pokok berita dengan pedoman 5W 1 H
4.      Mengembangkan menjadi berita dengan bahasa yang singkat dan jelas


C.  Metode Pembelajaran.
1.      Tanya jawab
2.      Pemberian tugas
3.      Diskusi
D.  Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
      Kegiatan awal :    
a.              Siswa diajak untuk mengamati berita dari koran yang telah disediakan guru.
b.             Siswa mngajukan pertanyaan terhadap isi berita tersebut dengan kata Tanya:
·         Apa dan siapa yang diberitakan?
·         Kapan peristiwa itu terjadi?
·         Dimana berita itu terjadi?
·         Mengapa berita itu terjadi?
·         Bagaimana kelanjutan berita tersebut?
      Kegiatan inti :
a.       Siswa berkelompok menjadi 6.
b.      Setiap kelompok diberi tugas untuk melakukan pengamatan.
c.       Sambil mengamati, siswa menulis inti fakta yang dilihat dan menulis pokok-pokoknya dengan pedoman 5 W 1 H.
d.      Dalam waktu 10 menit, siswa diminta masuk kelas menyusun fakta yang didapat untuk ditulis menjadi berita.
e.       Salah satu siswa yang mewakili kelomppok membacakan berita yang telah ditulis.
      b.   Siswa menyampaikan informasi pada orang lain.
      c.   Siswa membandingkan bentuan pesan yang diterima dari nara sumber dengan isi pesan yang ditampilkan.
      Kegiatan akhir : Guru dan siswa melakukan refleksi.
E.   Sumber Belajar.
      - Nara sumber
      - Teks berita
F.   Penilaian.
      Teknik: Tulis
      Bentuk instrument: Daftar pertanyaan
      Soal / instrument:
      - Tulislah berita secara singkat, padat dan jelas dari hasil wawancara dengan nara sumber..

Rubrik penilaian
Kelompok yang menilai
No
Nama Kelompok
Aspek
Jumlah
Bahasa
Keruntutan bagian
Kelengkapan bagian
1
2
3
4
5






                  Mengetahui                                                      
               Kepala Sekolah                                                       Guru Mata Pelajaran




    Drs.H. MOHTAROM, M.Pd.                                            Budi Harsono,M.Pd.       
    Pembina Tk.I                                                                  NIP 19650308 198412 1001
   NIP 19591103 198103 1 007         


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
                                                                        10
Sekolah                    :  SMP NEGERI 1 BOYOLANGU
Kelas / semester       :  VIII / 2
Standar Kompetensi : 1. Kemampuan menulis rangkuman buku, menulis teks berita serta menulis slogan dan poster
Kompetensi Dasar    :  1.3.   Peserta didik mampu menulis slogan dan poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasive
 Indikator                 
                                                            1.      Siswa mampu memilih objek lingkunmgan yang tepat untuk dijadikan pengamatan.
                                                            2.      Siswa mampu menulis slogan atau poster berdasarkan objek yang telah diamati.
 Alokasi waktu          :  2 x 40 menit.

A.  Tujuan Pembelajaran.
1.    Melalaui pengamatan yang dilakukan, siswa dapat menuliskan slogan atau poster dengan plihan kata yang tepat.
2.    Melalaui slogan atau berita yang dibuat, siswa dapat menuliskan penjelasan slogan tersebut
B.  Materi Pembelajaran.
  1. Mengamati objek lingkungan sekolah
  2. Menulis slogan atau poster untuk mengenalkan objek yang diamati.
  3. Menulis berita atau deskripsi tentang slogan atau poster yang dibuat.

C. Metode Pembelajaran.
a.       Inkuiri
b.      Pemodelan
c.       Pemberian tugas
d.      Diskusi
D.  Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
      Kegiatan awal :
CONTOH POSTER






Text Box:

Text Box:  
Jangan wariskan air mata kepada anak cucu,
tetapi wariskanlah mata air

 




d









Text Box:
Text Box:

 








CONTOH SLOGAN

Polisi sebagai Pelindung, Pengayom, dan Pelayan Masyarakat
(Slogan Polri)
Setetes Darah Anda Berarti Nyawa bagi Orang Lain
(Slogan PMI)
Bagaimanapun, Honda tetap lebih unggul.
(Slogan Motor Honda)
Kebanggaan bersama milik bangsa
(Slogan RCTI)

SLOGAN
POSTER
Pengertian slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu atau ungkapan yang khas, indah, unik, dan mudah dikenali.
Pengertian poster adalah perpaduan antara slogan dengan gambar yang berisi penawaran, ajakan, atau pengumuman dan ditempel di tempat-tempat umum.
Tujuan slogan memberitahukan visi/tujuan suatu organisasi, kegiatan, golongan, organisasi, atau perusahaan.

Tujuan poster mempengaruhi/mengajak orang lain (persuasif) berupa imbauan, ajakan, protes, penawaran produk, upaya pendidikan, dan  penyaluran aspirasi tertentu.

Bentuk slogan dituangkan dalam bentuk plakat, stiker, spanduk, baliho, dan sebagainya. Sebagai media informasi visual dan bersifat luar ruangan (outdoor).
Bentuk poster dituangkan dalam bentuk plakat, stiker, spanduk, baliho, dan sebagainya. Sebagai media informasi visual dan bersifat luar ruangan (outdoor), terutama poster, penggunaan format bahasa, bentuk tulisan, penyertaan gambar, dan komposisi warna akan sangat berpengaruh terhadap minat seseorang untuk membacanya.



    1. Perhatikan contoh poster dan slogan tersebut!
    2. Apakah tujuan setiap contoh tersebut?
    3. Apakah perbedaan kedua contoh tersebut?

Kegiatan inti
1.    Buatlah kalimat poster tentang:
·   Kantin sekolah
·   UKS
·   Musola
·   Taman sekolah
·   Toilet
·   Sampah
2.     Buatlah kalimat slogan tentang:
· Kantin sekolah
· UKS
· Musola
· Taman sekolah
· Toilet
· Sampah
3.Suntinglah Poster/slogan yang dibuat teman sebangkumu berdasarkan kriteria di bawah

Kegiatan penutup
Siswa diminta untuk menempelkan poster dan slogan di mading kelas.
Siswa dijelaskan tentang slogan dan poster

Slogan adalah tulisan yang berupa kelompok kata atau kalimat pendek yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk memberitahukan tujuan/visi suatu organisasi, kegiatan, golongan, organisasi, atau perusahaan. Isi slogan menggam¬barkan visi, tujuan, dan harapan dari sebuah kegiatan/organisasi/perusahaan. Sementara itu, poster berupa gambar dan tulisan-tulisan yang dipasang di tempat-tempat umum. Tujuan pemasangan poster adalah agar sesuatu yang ada dalam poster itu dapat diketahui umum dan menjadikan masyarakat umum tertarik untuk membeli, memakai, atau mengikuti isi poster tersebut.
Dalam memberikan komentar terhadap slogan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan: (1) kepadatan isi (singkat), (2) kesesuaian slogan dengan tujuan/visi/harapan yang ditentukan, (3) keaslian slogan (tidak meniru), dan (4) keindahan dan kemenarikan pilihan kata yang digunakan. Sementara itu, pemberian komentar terhadap poster dilakukan dengan melihat (1) kesesuaian poster dengan perilaku yang diimbaukan, (2) kemenarikan kata /kalimat, (3) kepadatan isi kalimat poster, (4) kesesuaian gambar dengan kalimat poster, dan (5) keindahan pengaturan letak gambar dengan kalimat poster.
E.   Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
      Lingkungan sekolah: kantin, UKS, taman, biopori, sampah, toilet
      Media Pembelajaran: contoh slogan dan poster dari media cetak atau dari internet.
F.   Penilaian.
      Teknik: Tugas
      Bentuk instrument: Hasil tugas berupa slogan dan poster yang dibuat siswa
      Soal / instrument:
a.    Lakukan pengamatan terhadap lingkungan sekolahmu!
b.    Buatlah kalimat slogan dan poster tentang lingkungan sekolahmu!
c.    Berikan deskripsi atau penjelasan tentang slogan dan poster yang telah kamu tulis!
           
                  Mengetahui                                                      
               Kepala Sekolah                                                       Guru Mata Pelajaran




    Drs.H. MOHTAROM, M.Pd.                                            Budi Harsono,M.Pd  
    Pembina Tk.I                                                                      NIP 19650308 198412 1001
   NIP 19591103 198103 1 007          

2 komentar:

  1. aku-hidupke2-balas dendam

    namaku WAGINAH akuseorang gadis desayang sangat jauh dariperkotaan.aku dibunuh oleh majikan laki-laki ku sendiri saat itu aku dibunuh karena aku menolakpermintaanya .
    "tolong,,,,,,,jangan....."
    "bruak,,,bruak,,,...."

    setelah itu aku mati di trabrak oleh majikanku sendiri.aku ditolong oleh orang dean dikubur setelah aku ditemukan 5 hari setelah kematianku
    "awas kamu akan mengalamihalsama"
    "hiihihihihihihihihihihi"
    "aku tidakpercaya kamu membunuhku hanya karena kamu unginmeyetubuhiku"

    Sekarang jam 12 malam.

    Dan para tetua kuburan berkumpul. Seorang hantu yang nampak dituakan, muncul dari keramaian. "Siapa namamu nak?" katanya. Jari telunjuknya mengarah kepada ku
    "Saya Waginah, saya mati karena diperkosa dan dibunuh oleh majikan laki-laki saya dan diperkosanya" ujar ku

    Kenapa kamu sampai diperkosa?

    "Mungkin karena saya cantik dan sexy jadi mereka ngiler melihat saya" jawab ku

    "Mbah sendiri siapa?" tanya ku

    "panggil saya gempil..".

    saya tetua disini. Penguasa kuburan ini,

    "kapan mati?" tanya ku

    "8 windu yang lalu ", jawabnya.

    "lo di tanya kapan mati kok malah 8windu,tapi nggak papalah mbah masih ok koh "kataku bergurau

    "Ah ternyata kamu genit, paantas saja kamu mati diperkosa orang" batin Mbah gempil.

    "tapi bener looohh. mbah masih oke..." kata ku lagi dengan tertawa

    "mosok iyya tho aku masih oke? lha wong kepalaku bolong gini lhoo.." jawab mbah gempil.

    "gimana mbah aku minta tolong?" kata ku pada mbah gempil
    namanya juga baru hari pertama jadi hantu. masih polos.

    Oh...Waginah yang malang.



    Waginah tersadar akan yang sedang terjadi, "tidak, saya tidak mati"kataku heran

    "udah nurut aja"kata mbah gempil

    Waginah didandani seseram mungkin agar dia bisa balas dendam kepada orang yang telah memperkosa dan membunuhnya.

    "Tapi tapi tapi!!" Teriak ku. "AKu ndak siapa tau apa yang harus aku lakukan"
    "Aku ada ide, kamu akan aku dandani selayaknya warga sarkem. Kamu hanya perlu menunggu pemerkosa itu, dia pasti sering ke sarkem", lanjut simbah.

    "Baiklah mbah" baik mbah
    "ternyata otak simbah encer, pantas saja simbah menjadi ketua hantu sini..." puji Waginah kepada Mbah gempil

    "ok hari ini aku akan membunuhmu:kataku dalam hati
    malamitu aku berhasil membunuh orang yangmemerkosaku ,aku sangat senang dan aku menjadi istri mbah roysaat itu juga disaksikan oleh rooh orang yang memper kosaku.

    BalasHapus
  2. Alur cerita:
    1.Di sebuah masjid
    2.Sura itu semakin keras
    3.Kami semua berlalri ketakutan


    Di suatu malam aku dan teman-teman sedang tertidur lelap di dalam sebuah masjid yang sangat megah dan besar.Tidak ku sangka aku mendengar sebuah suara anak yang sedang asyik bermain sepak bola, di halaman lapangan masjid. Sura yang aku dengar "Hoe,, gooLLL........".Dengan kagetnya aku dan teman-teman trbangun dari tidur kami. Rini berkata dengan mata yang masih tetutup "Ach..suara apa sih itu ?". "Ia suara apa itu malam-malam bermain sepak bola !" Ayu menjawab."Ia sudah kita coba tengok saja, siapa yang sedang bermain sepak bola tenagh malam gini !" Dan dengan rasa curiga dan takut kamipun mencoba mengecek sumber dari sumber suara tersebut.". Ketika kami mulai melangkahkan kaki menuju tempat sumber suara tersebut, bulu kudu kami mulai merinding yang sangat hebat. Dan dengan angin yang berhembus dengan sepoi-sepoi, menabah rasa takut kami mulai menjadi. Suara itu semakin keras
    Sesampainya di temapt sumber suara tersebut, ternyata tiada seorangpun yang ada di temapt itu. Kami kaget dan terkejut."Hey disini tidak seorangpun yang sedang bermain sepak bola". Karena di sumber suara yang kami dengar ternyata tiada seorangpun yanng sedang bermain sepak bola yang seperti aku dengar.Kami semuapun berlari ketakutan."Wah siapa ya yang sedang bermain bermain sepak bola pada tengah malam gini ? Huhhh,,sampai ngos-ngosan aku !".
    Akhirnya kami semuapun memutuskan untuk kembali tidur dalam gelapnya malam. Setelah kami mulai tertidur lelap kembali suara itu muncul lagi dengan suara yang lain yaitu suara anak-anak yang sedang betrmain angklung. "Suara apa itu ??". "Apakah mungkin itu suara hantu yang sedang bermain alat musik ?". "Aku takut....!!!".
    yohhanda :42 klas:8D

    BalasHapus