Rabu, 13 April 2011

RPP BAHASA INDONESIA SEMESTER GENAP KELAS 9 -- PROGRAM


PROGRAM TAHUNAN


Mata Pelajaran                        :  BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan                  :  SMP
Kelas / Semester                      :  IX / Genap
Tahun Pelajaran                       :  2010 - 2011


SMT

Kompetensi Dasar / Materi Pokok
Alokasi Waktu

Keterangan

1

MENDENGARKAN



1.2 Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televis/siaran radio

4


1.1 Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio

4


3.1 Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif

3

+ 2 TM UH

5.2 Menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan

3


5.1 Menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan

3



BERBICARA



6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada puisi dan suasana/rima yang dibangun

4


4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas

3


2.2 Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas

4



MENULIS



4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, pilihan kata, keefektivan kalimat, keterpaduan paragraf

4



MEMBACA



7.1 Menemukan tema, latar, dan penokohan, pada cerpen-cerpen dalam satu kumpulan cerpen

4

+ 2 JM UH

7.2 Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen pada satu kumpulan cerpen

4



MENULIS




4.2 Meresensi buku pengetahuan

4



MEMBACA



3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai

4



BERBICARA



2.1 Mengkritik dan memuji berbagai karya (seni/produk) dengan bahasa yang lugas dan santun

4

+ 2 JM UH


6.1 Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen

4



MENULIS



8.1 Menulis kembali dengan kalimat sendiri ceritapendek yang pernah dibaca

4


8.2 Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami

4






2

MENULIS



1.2.2 Menulis teks pidato ceramah/khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif

3



BERBICARA



10.1 Berpidato/berceramah/berkhotbah dengan intomasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas

4



MENDENGARKAN



9.2 Memberi komentar tentang isi pidato/ceramah/khotbah

2


13.2 Menjelaskan alur peristiwa dari suatu sinopsis novel yang dibacakan

3

+ 2JP UH


3.1 Menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan

3


9.1 Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengar

2



MEMBACA



11.1 Menemukan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat _+ 300 kata per menit

2


11.3 Menyimpulkan gagasan utama teks dengan membaca cepat -+ 300 kata per menit

2


15.1 Mengidentifikasi kebiasaan, adab, etika yang terdapat dalam novel angkatan 20 – 30-an

3

+ 2JP UH

15.2 Membandingkan karakteristik novel angkatan 20 – 30-an

3



MENULIS



16.1 Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca

4


16.2 Meanulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata

4



BERBICARA




10.2 Menerapkan prinsip-prinsip diskusi

4



MENULIS



10.3 Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah

3


12.1 Menulis karya tulis sederhana dengan menggunakan berbagai sumber

4



MEMBACA



11.2 Mengubah sajian grafik tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif

2

+ 2 JP UH


BERBICARA



14.1 Membahas pementasan drama yang naskahnya ditulis oleh siswa

3


8.2 Menilai pementasan drama yang dilakukan oleh siswa

3




Mengetahui,
Kepala UPTD SMP Negeri 1 Boyolangu                               Guru Mata Pelajaran



                                                                                               
Drs.H.MOHTAROM, M.Pd.                                                 Budi Harsono,M.Pd  
Pembina Tk.I                                                                         NIP 19650308 198412 1001   
NIP 19591103 198103 1 007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar