Rabu, 13 April 2011

Harsono,M.Pd.NIP 19650308 198412 1001


PROGRAM MENGAJAR


Mata Pelajaran        :  BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan  :   SMP
Kelas / Semester      :   IX  /  GENAP
Tahun Pelajaran       :   2010 - 2011

A.  Perhitungan Alokasi Waktu

1. Jumlah Pekan dalam Semester Genap

No.
Bulan
Banyaknya minggu
Jumlah jam
1
Januari
4 pekan
4 X 5
2
Februari
4 pekan
4 X 5
3
Maret
5 pekan
5 X 5
4
April
4 pekan
4 X 5
5



6







Jumlah
17 pekan


2. Jumlah minggu yang tidak efektif
a.       Ujian Nasional                    :  1 pekan
b.      Ujian Sekolah                      :  1 pekan
c.       Cadangan                            :  2 pekan
d.      Ujian Praktek                      :  1 pekan

Jumlah                                 :  5 pekan

3. Jumlah pekan efektif = Jumlah pekan yang tersedia 17 pekan – Jumlah pekan yang tidak efektif 5 pekan  = 12 pekan

B.  Distribusi Alokasi Waktu


No

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Alokasi Waktu
TM
UH
UB
CAD
1
1.2.2.Menulis teks pidato ceramah/khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif

Teks pidato

3




2
10.1 Berpidato/berceramah/berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas

Pidato

4




3
9.1 Memberi komentar tentang isi pidato/ceramah/khotbah

Pidato


2





4
13.2 Menjelaskan alur peristiwa dari suatu sinopsis novel yang dibacakan
Alur suatu sinopsis novel

3

2



5
3.1 Menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan novel
Sifat-sifat tokoh dalam novel

3




6
9.2 Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengar

Pidato

2




7
11.1 Menemukan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat ± 300 kata per menit

Teks wacana

2




8
11.3 Menyimpulkan gagasan utama teks dengan membaca cepat ± 300 kata per menit

Teks wacana

2




9
15.1 Mengidentifikasi kebiasaan, adab, etika yang terdapat dalam novel angkatan 20-30-an

Novel angkatan 20-30-an

3

2



10
15.2 Membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30-an

Novel angkatan 20-30-an

3




11
16.1 Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca

Naskah drama

4




12
16.2 Menulis naskah drama berdasarkan   peristiwa nyata

Naskah drama

4




13

10.2 Menerapkan prinsip-prinsip diskusi

Diskusi

4




14
10.3 Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah

Surat pembaca

3





15
12.1 Menulis karya tulis sederhana dengan menggunakan berbagai sumber

Karya tulis

4




16
11.2 Mengubah sajian grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif

Grafik

2

2



17
14.1 Membahas pementasan drama yang naskahnya ditulis oleh siswa

Pementasan drama

3




18
8.2 Menilai pementasan drama yang dilakukan oleh siswa

Pementasan drama

3



2








Mengetahui,
Kepala UPTD SMP Negeri 1 Boyolangu                                           Guru Mata Pelajaran




Drs.H. MOHTAROM, M.Pd.                                                               Budi Harsono,M.Pd         
Pembina Tk.I                                                                                      NIP 19650308 198412 1001
NIP 19591103 198103 1 007




Tidak ada komentar:

Posting Komentar