RPP 34
Nama Sekolah : UPTD SMPN 1 BOYOLANGU
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pementasan drama
Kompetensi Dasar : 14.1 Membahas pementasan drama yang naskahnya ditulis oleh siswa
Indikator : 1. Mampu menentukan hal-hal yang dibahas terkait dengan pementasan drama
2. Mampu membahas pementasan drama dengan tema lingkungan hidup melalui kegiatan diskusi
Alokasi Waktu : 3 x 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat menentukan hal-hal yang dibahas terkait dengan pementasan drama
b. Setelah siswa dapat membahas pementasan drama dengan tema lingkungan hidup melalui kegiatan diskusi
B. Materi Pembelajaran
Pementasan drama
1. Mengidentifikasi Unsur Pementasn Drama
Unsur-unsur dalam pementasan drama meliputi alur, tokoh, dialog, setting, tema, pesan/amanat, kostum, tata lampu, tata musik.
a. Plot/alur
Plot atau kerangka cerita merupakan jalinan cerita dari awal hingga akhir yang merupakan jalinan konflik antara dua tokoh atau lebih yang saling berlawanan.
b. Penokohan dan perwatakan
Penokohan erat hubungannya dengan perwatakan. Penokohan meruapak susunan tokoh-tokoh yang berperan dalam drama. Tokoh-tokoh itu selanjutnya akan dijelaskan keadaan fisik dan psikisnya sehingga akan memiliki watak atau karakter yang berbeda-beda.
c. Dialog (percakapan)
Ciri khas naskah drama adalah naskah itu berbentuk percakapan atau dialog. Dialog dalam naskah drama berupa ragam bahasa yang komunikatif sebagai tiruan bahasa sehari-hari, bukan ragam bahasa tulis.
d. Setting (tempat, waktu, suasana)
Settingdisebut juga latar cerita, merupakan penggambaran waktu, tempat, dan suasana terjadinya sebuah cerita. Penggambaran suasana damam pementasan dilukiskan dengan tata lampu, tata suara, serta background.
e. Tema (dasar cerita)
Tema merupakan gagasan pokok yang mendasari sebuah cerita dalam drama. Tema dikembangkan melalui alur dramatik dalam plot, melalui tokoh-tokoh antagonis dan protagonis dengan perwatakan yang berlawanan sehingga memungkinkan munculnya konflik di antara keduanya.
f. Amanat
Pesan/amanat ini dapat tersirat dan tersurat. Pesan dapat disampaikan melalui percakapan antartokoh atau perilaku setiap tokoh.
2. Menentukan Unsur Drama yang Dianggap Menonjol
Sesuatu itu menarik atau tidak menarik karena sesuatu itu memiliki keistimewaan atau sebaliknya memiliki kelemahan atau kekurangan.
C. Metode
1. Modeling
2. Tanya jawab
3. Inkuiri
4. Diskusi
D. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal
a. Siswa mencermati tayangan pementasan drama.
b. Siswa dan guru bertanya jawab tentang pementasan drama.
2. Kegiatan inti
a. Siswa berkelompok 4-5 orang
b. Siswa berdiskusi untuk menentukan hal-hal yang akan dibahas dalam pementasan drama berdasarkan naskah drama yang ditulis siswa dengan tema lingkungan hidup.
c. Siswa menyaksikan pementasan drama
d. Siswa membahas pementasan drama yang baru saja disaksikan
e. Masing-masing kelompok secara bergantian mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas, sedangkan kelompok lain memberikan tanggapan atas hasil kerja kelompok tersebut dengan menggunakan rubrik penilkaian yang telah disediakan.
f. Guru memberikan penguatan atas hasil kerja kelompok
3. Kegiatan penutup
a. Siswa bersama-sama dengan guru mengadakan refleksi
E. Sumber Belajar
1. Model/rekaman pementassan drama
F. Penilaian
1. Tehnik : Tes
2. Bentuk Instrumen : Produk dan portofolio
3. Instrumen
a. Sebutkan hal-hal pokok yang harus ada dalam pementasan drama!
Rubrik Penilaian
No. | Hal yang dibahas | Skor |
1 | Menyebutkan; latar, efek, perlengkapan, pelaku, penyutradaraan (5 hal) | 5 |
2 | Menyebutkan; latar, efek, perlengkapan, pelaku (4 hal) | 4 |
3 | Menyebutkan; latar, efek, perlengkapan (3 hal) | 3 |
4 | Menyebutkan; latar, efek (2 hal) | 2 |
5 | Menyebutkan; latar (1 hal) | 1 |
6 | Tidak menyebutkan apa-apa | 0 |
b. Bahaslah/nilailah pementasan drama yang baru saja kalian saksikan!
Rubrik Penilaian
No. | Kel./Grup | Skor | Jumlah Skor | Nilai Akhir | |||
Akting | Dialog | Bloking | efek | ||||
1 | I | ||||||
2 | II | ||||||
3 | III | ||||||
4 | IV | ||||||
5 | V | ||||||
6 | VI |
Mengetahui,
Kepala UPTD SMP Negeri 1 Boyolangu Guru Mata Pelajaran
Drs.H. MOHTAROM, M.Pd. Budi Harsono,M.Pd
Pembina Tk.I NIP 19650308 198412 1001
NIP 19591103 198103 1 007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar