RPP 18
Sekolah : UPTD SMP Negeri 1 Boyolangu
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 12. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca
ekstensif, membaca intensif dan membaca cepat.
Kompetensi Dasar : 12.2 Menuliskan teks pidato / ceramah / khotbah
dengan sistematika dan bahasa yang efektif.
Indikator : 1. Mampu menentukan sistematika pidato/ ceramah/khotbah pidato/ceramah/khotbah
2. Mampu menyusun kerangka pidato / ceramah / khotbah dengan tema lingkungan hidup
3. Mampu mengembangkan kerangka menjadi teks pidato/ ceramah / khotbah dengan memperhatikan sistematika yang baik
4. Mampu menyunting teks pidato / ceramah / khotbah yang ditulisnya
Waktu : 3 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a. Setelah diberikan contoh naskah pidato siswa dapat menentukan sistematika pidato.
b. Setelah ditentukan tema lingkungan hidup siswa dapat menyusun kerangka pidato.
c. Berdasarkan kerangka pidato yang sudah disusun, siswa dapat mengembangkan menjadi teks pidato dengan memperhatikan sistematika yang baik
d. Siswa mampu menyunting teks pidato
B. Materi Pembelajaran
Sistematika pidato terdiri atas tiga bagian, yaitu pembukaan, isi, penutup.
1. Pembukaan
Pembukaan teks pidato berisi:
a. Salam pembuka
b. Ucapan penghormatan
c. Ucapan syukur
2. Isi pidato
3. Penutup Pidato
Penutup pidato dapat diisi dengan:
a. Simpulan pendek dari uraian sebelumnya
b. Permintaan maaf kepada hadirin
c. Salam penutup
Teks Pidato
Ibu-ibu, Bapak-bapak, dan Saudara-saudara yang saya hormati, selamat siang dan selamat datang dala pertemuan kali ini.
Hadirin yang berbahagia, sebelum saya memulai pembicaraan, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat tanpa halangan apapun.
Hadirin tamu undangan yang saya hormati, seperti yang sudah sering saya katakan bahwa untuk mendapatkan sesuatu, kalau dikerjakan atau diusahakan
bersama-sama tentu akan lebih mudah. Demikian pula untuk menciptakan kota ini menjadi betul-betul bersinar bila kita usahakan bersama.
Pemerintah atau Pemkot selaku Dinas Kebersihan Kota yang ditugasi untuk mengelola kebersihan dan keindahan kota, tidak akan mampu menciptakan keindahan tanpa bantuan semua warga. Demikian pula bila hal itu hanya dilakukan oleh sebagian warga tanpa dukungan dari warga yang lain. Oleh karena itu, agar dapat mewujudkan kota ini bersinar, baik Dinas kebersihan maupun warga masyarakat harus bersatu padu dan bergotong royong.
Hadirin yang terhormat, selama ini kita sudah berupaya menciptakan agar kota kita ini menjadi bersih, sehat, indah, nyaman, aman, dan rapi. Untuk menciptakankota yang bersih sudah kita sediakan bak-bak sampah dan armada truk sampah untuk mengangkut dan membuangnya ke pembuangan sampah. Untuk mengusahakan kesehatan kita sudah mengadakan program kesehatan. Untuk memperindah kota, kita sudah membangun taman-taman, penghijauan, dan prokasih. Untuk kenyamanan kita bangun jalan-jalan setapak bagi pejalan kaki. Untuk keamanan kita sudah menggiatkan siskamling di tempat kita masing-masing. Untuk kerapian kita usahakan pagar-pagar diluruskan, tata kota diperbaiki, dan pembatas jalan diperbaiki.
Apakah semua itu sudah cukup dan selesai hadirin yang terhormat? Tidak, belum, karena apa yang kita kerjakan itu akan rusak kalau tidak kita rawat. Akan tetapi, bagaimana kita akan merawat dan menjaga itu semua? Caranya kita upayakan semua tetap berjalan seperti kehendak kita.
Pertama, untuk menjaga kebersihan, kita harus berdisiplin membuang sampah pada tempatnya, entah di rumah di luar rumah. Selama ini Pemkot telah menyediakan tempat-tempat sampah di tepi jalan. Oleh karena itu, buanglah sampah pada tempatnya supaya tidak ada sampah yang bertebaran dan mengganggu kebersihan dan keindahan kota kita.
Kedua, jagalah program kali bersih yang sudah kita canangkan dengan tidak membuang sampah ke sungai. Jika sungai bersih dari sampah, alirannya akan menjadi lancar dan tidak menimbulkan banjir serta polusi air. Ketiga, jaga dan peliharalah taman-taman yang sudah ada. Sesekali dibersihkan dan dirawat. Kita berharap warga masyarakat mau membantu kami memelihara taman-taman itu. Taman yang terawat akan membuat kota kita tampak indah.
Hadirin yang saya hormati, dengan ketiga hal tersebut kota kita akan dapat terpelihara dri sampah dan keindahan kota akan terjaga. Akhirnya, kali berharap semua warga mau berpartisipasi untuk menjaga kebersihan dan keindahan kota kita ini dengan sebaik-baiknya sehingga kota kita bersinar selamanya.
Hadirin yang saya hormati, terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf bila ada perkataan saya yang salah dan tidak berkenan di hati hadirin semuanya. Selamat siang.
C. Metode
1. Tanya jawab
2. Diskusi
3. Penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang pengertian pidato, ceramah, atau khotbah.
b. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran yaitu:
Setelah diberikan contoh naskah pidato siswa dapat menentukan sistematika pidato.
- Setelah ditentukan tema lingkungan hidup siswa dapat menyusun kerangka pidato.
- Berdasarkan kerangka pidato yang sudah disusun, siswa dapat mengembangkan menjadi teks pidato dengan memperhatikan sistematika yang baik
- Siswa mampu menyunting teks pidato
2. Kegiatan Inti
a. Siswa berkelompok 4-5 orang
b. Siswa mencermati teks pidato, ceramah atau khotbah
c. Siswa dapat menentukan sistematika naskah pidato, ceramah, khotbah
d. Secara individu, siswa menyusun kerangka naskah pidato dengan tema lingkungan hidup
e. Siswa mengembangkan kerangka pidato menjadi naskah pidato
f. Siswa menyunting naskah pidato pekerjaan teman
g. Siswa bersama guru menentukan naskah pidato terbaik untuk dipajang di depan kelas
3. Kegiatan Akhir
a. Siswa bersama guru merefleksikan hasil pembelajaran
E. Sumber Belajar
1. Buku teks Bahasa Indonesia Bahasa Kebanggaanku untuk SMP/MTs kelas IX oleh Sarwiji Suwandi dan Sutarmo
2. Buku Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX oleh Atikah Anindyarini, Yuwono, dan Suhartanto
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
- Tes tulis
2. Bentuk Instrumen
- Tes uraian
3. Instrumen
a. Cermatilah naskah pidato berikut, kemudian tentukan sistematika penulisannya!
b. Susunlah kerangka naskah pidato dengan tema lingkungan hidup
c. Suntinglah naskah pidato antar teman
Megetahui,
Kepala UPTD SMP Negeri 1 Boyolangu Guru Mata Pelajaran
Drs.H. MOHTAROM, M.Pd. Budi Harsono,M.Pd
Pembina Tk. I NIP 19650308 198412 1001
NIP 19591103 198103 1 007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar